Pemkot Semarang Adakan Program Youtube untuk UMKM

  • Bagikan
Walikota Semarang Hendrar Prihadi
SANTAI: Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat mengisi Ngobras (Ngobrol Bareng OPD Kota Semarang) , Minggu (21/2). (NANANG / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Dampak pandemi Covid-19 masih dirasakan sebagian masyarakat terkhusus di sektor UMKM. Mulai dari sepi pelanggan, penurunan omset, PHK, hingga gulung tikar yang kemudian memaksa mereka berjuang untuk bertahan hidup.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berupaya membantu para pelaku usaha di Kota Semarang melalui beragam acara yang dikemas di channel youtube Pemkot Semarang. Salah satunya adalah acara Ngobras (Ngobrol Bareng OPD Kota Semarang) yang membahas program dan pembangunan Kota Semarang bersama para pelaku usaha di Kota Semarang.

Selain itu, ada juga acara Dolan Kampung Semarang yang mengulas berbagai kampung-kampung tematik yang tak kalah menarik di kota Semarang, lalu ada acara Hobi Jadi Rejeki yang dibuat bagi para penghobi yang ingin menghasilkan rejeki.

Selanjutnya ada acara Ini Usahaku yang berupa program seputar UMKM dan bisnis asal Kota Semarang, serta Local Hero yaitu program music yang menampilkan para musisi lokal.

“Pengikut sosial media Pemkot cukup banyak, dengan mengangkat mereka artinya membantu promosi usaha ke level yang lebih luas. Saya berharap upaya ini dapat dilakukan juga oleh OPD lain atau bahkan kecamatan dan kelurahan dengan mempromosikan aktivitas usaha yang ada yang ada di wilayahnya melalui media sosial,” kata Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Minggu (21/2).

BACA JUGA:  DPMPTSP Temanggung Dorong UMKM Miliki SPP-IRT

Sementara itu, menurut Kepala Diskominfo Kota Semarang, Bambang Pramusinto, upaya yang dilakukannya, hanya memanfaatkan platform yang sudah dimiliki oleh Pemkot. Ia berharap apa yang diinisiasi dapat memberikan dampak yang baik bagi para pelaku usaha di Kota Semarang.

“Sudah ada platformnya, kami hanya memfasilitasi, selebihnya kami persilahkan untuk dipergunakan dengan baik, semoga bermanfaat,” ujarnya. (cr2/gih)

  • Bagikan