Peringati HPSN dengan Membuat Eco Enzym

  • Bagikan
guru dan karyawan SDIT Al Islam Kudus
KOMPAK: Segenap guru dan karyawan SDIT Al Islam Kudus kompak dalam praktek pembuatan cairan Eco Enzym yang kaya akan manfaat. (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS –Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap 21 Februari. Oleh sebab itu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Islam Kudus membuat Eco Enzym yang berkapasitas empat drum.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh para guru karyawan dan perwakilan komite sekolah. Tema yang diusung adalah Merawat Bumi Tak Hanya Sesaat, Eco Enzym Kaya Manfaat.

Kepala Sekolah SDIT Al Islam Kudus, Susi Utami menyampaikan, Eco Enzym adalah larutan zat kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi sisa organik, gula, dan air. Cairan tersebut berwarna coklat gelap dan aroma asam atau segar kuat.

“Cairan dari fermentasi sampah organik ini fungsinya sebagai pembersih lantai, pembersih sayur dan buah, penangkal serangga dan penyubur makanan. Khasiat lainnya bisa digunakan sebagai disinfektan, karena mengandung alkohol atau asam asetat yang ada dalam cairan itu,” ucapnya.

Ia melanjutkan, manfaat dari Eco Enzym pada saat banjir bisa untuk menghilangkan bau dalam genangan dan menjernihkan air. Sekaligus bisa digunakan penyemprotan di areal tenda atau tempat pengungsian.

BACA JUGA:  Gelar HPSN, Plt. Bupati Kudus: Kudus Harus Bersih dari Sampah

“Sebelum pelaksanaan pembuatan cairan ini dimulai, sudah didahului dengan pelatihan Eco Enzym yang diisi oleh Ketua Komunitas Eco Enzym Kudus, Chris Hermiyantono. Serta sudah juga disosialisasikan di hadapan guru dan karyawan SDIT Al Islam Kudus,” jelasnya.

Sebagai salah satu sekolah yang menyandang predikat sekolahan tingkah Nasional Adiwiyata Mandiri, SDIT Al Islam Kudus dengan program bank sampah senantiasa untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Salah satunya yakni dalam menghadapi bencana banjir ini.

“Harapannya semoga acara praktek pembuatan Eco Enzym para guru dan karyawan SDIT Al Islam Kudus yang dilaksanakan di halaman sekolahan ini bisa bermanfaat,” imbuhnya. (sam/fat)

  • Bagikan