Vaksinasi Pedagang Pasar Dimulai Maret

  • Bagikan
Vaksinasi Pedagang Pasar
DAGANG: Tampak pedagang sedang menjual dagangannya di salah satu pasar yang ada di Kabupaten Kudus. (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Proses vaksinasi kepada pedagang pasar tradisional di Kabupaten Kudus akan dilaksanakan Maret mendatang. Lantaran, pendataan pedagang yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kudus, sudah selesai.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto mengatakan, pendataan pedagang dan karyawan pasar yang ada di Kota Kretek sudah rampung. Data sendiri sudah diserahkan ke pihak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus.

“Data pedagang yang ada di 25 pasar tradisional di Kudus, kurang lebih sekitar 15 ribu orang. Kami sudah menyerahkannya ke pihak DKK yang memiliki kewenangan lebih lanjut,” ucapnya (22/2).

Dengan diadakannya vaksinasi untuk pedagang pasar ini, diharapkan bisa mencegah penyebaran virus corona di lingkungan pasar. Pasalnya menurutnya pasar sangat berpotensi sebagai tempat penularan Covid-19.

“Pasar kan tempat berkumpulnya orang banyak, jadi supaya bisa menjadikan pasar lebih aman, sekaligus bisa meminimalisir adanya penularan, serta klaster pasar,” pungkasnya.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kudus, dr Andini Aridewi mengucapkan, pedagang pasar di wilayah kota akan dilaksanakan terlebih dahulu. Seperti Pasar Kliwon dan Pasar Bitingan. “Rencananya pasar yang besar-besar dulu, ya seperti Pasar Kliwon dan Bitingan. Untuk pelaksanaannya perkiraan bulan Maret mendatang,” terangnya.

BACA JUGA:  8 Orang Alami KIPI Usai Divaksin

Dukungan dari semua pihak pun diharapkannya, sehingga vaksinasi kepada para pedagang dan karyawan pasar bisa terlaksana dengan lancar. Diketahui sebelumnya, proses vaksinasi pedagang pasar di Jawa Tengah dimulai dari Pasar Klewer Solo pada 27 Maret, setelah itu Semarang mengikuti. Dua daerah tersebut menjadi prioritas karena memiliki angka cukup tinggi dan juga wilayah yang luas. (sam/fat)

  • Bagikan