Ada yang Ditunda, Vaksinasi Tetap Lancar

  • Bagikan
Anggota Kapolres Demak dan wartawan
PROSES: Anggota Kapolres Demak dan wartawan mengikuti vaksinasi tahap ke II di Aula Mapolres Demak, Rabu (24/2). (AJI YOGA / LINGKAR JATENG)

DEMAK – Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap II awalnya direncanakan di tiga tempat, yaitu Pendopo Kabupaten, Kodim 0716/Demak dan Mapolres Demak. Namun, pelaksanaan Vaksinasi tahap II di Kodim 0716/Demak ditunda sementara waktu dan diganti di RSUD Sunan Kalijaga.

Kepala Penerangan Kodim (Kapendim) 0716/Demak, Lettu Makruf mengatakan, penundaan ini dikarenakan belum adanya instruksi langsung dari Komando Daerah Militer (Kodam) IV/ Diponegoro Jateng/DIY dan TNI pusat mengenai pelaksanaan vaksinasi di Kodim masing-masing daerah. Penundaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan.

“Iya, sekarang kami tunda dulu. Sambil menunggu instruksi dari atas. Jika sudah ada akan kami persiapkan,” tuturnya saat ditemui di kantornya, kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Demak, Singgih Setyono mengungkapkan, vaksinasi tahap kedua ini menyasar pelayan publik diantara anggota polisi, aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai perbankan karena dianggap beresiko tinggi tertular virus. Selain itu pekerja lapangan juga menjadi sasaran vaksinasi tahap ke dua ini, seperti wartawan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pendopo Kabupaten diberikan kepada ASN pelayanan publik pada organisasi perangkat daerah (OPD). Sedangkan palaksanaan di Mapolres Demak, anggota Polres Demak dan warrtawan. Kemudian, pegawai perbankan dan kejaksaan melaksanakan di RSUD Sunan Kalijaga.

BACA JUGA:  Sosialisasikan Manfaat Aplikasi SP4N-LAPOR

Alhamdulilah sudah berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada masalah,” tuturnya saat memantau pelaksanaan vaksinasi tahap II di Pendopo Kabupaten.

Kapolres Demak, AKBP Andhika Bayu Adhitama mengutarakan, jumlah penerima vaksin di Mapolres Demak pada hari pertama ini berjumlan 883 orang. Terdiri dari anggota kepolisian dan wartawan di lingkungan Kabupaten Demak.

“Pelaksanaan vaksinasi di Mapolres Demak juga berjalan lancar. Anggota Polres Demak, yang badannya sehat dan fit saya wajibkan ikut vaksin semua,” katanya.

Ia berharap kepada masyarakat agar tidak takut di vaksin. Menurutnya, vaksin ini tidak memiliki efek samping bila kondisi badan sehat dan fit. Sebab, sebelum dilakukan vaksinasi, tim nakes akan melakukan screaning kepada calon penerima, sehingga bila kondisi terindikasi tidak sehat atau memiliki penyakit akan ditunda dulu pemberian vaksinnya. (cr3/gih)

  • Bagikan