Normalisasi Sungai Spil Way Drainase I

  • Bagikan
Normalisasi Sungai Spil Way Drainase I (SWD I), Desa Setro Kalangan, Dukuh Karangturi
KETERANGAN: Normalisasi Sungai Spil Way Drainase I (SWD I), Desa Setro Kalangan, Dukuh Karangturi yang melibatkan tiga alat berat. (ZULFIA HARYANTI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Normalisasi sungai Spil Way Drainese I (SWD I) sudah berjalan mulai 17 November 2020. Aliran sungai yang berlokasi di Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan ini mempunyai total panjang 10,2 kilometer.

Menurut Pengawas Lapangan BBWS Pemali Juana Dwi Purnomo, sejauh ini pengerjaannya kurang lebih mencapai 6 kilometer. Karena masih terdapat titik-titik yang belum bisa dikerjakan.

“Kita tinggalkan dulu. Pendangkalan yang terjadi di SWD I ini sekitar 2 sampai 2,5 meter,” lanjutnya.

Sebelum dinormalisasi, menurut Dwi, lebar sungai SWD I ini mencapai 10 meter. Sementra pengerjaan normalisasi akan berlangsung sampai akhir 2021. Normalsiasi hanya akan mencapai 10 kilometer dari panjang sungai 32,28 kilometer.

“Rencana dilebarkan sampai 30 meter. Tapi ada titik-titik yang tidak bisa dikerjakan akibat cuaca. Terutama ketika akhir-akhir ini banjir dan intensitas hujan tinggi. Sehingga pengerukan tidak bisa dilakukan,” ungkap Dwi.

Apa lagi, menurut Dwi, normalisasi SWD I ini masih menunggu kejelasan soal batas lahan dengan warga. Padahal normalisasi menjadi agenda yang diprioritaskan.

Di tempat pengerjaan normalisasi, terlihat ada 4 alat berat. Tiga yang aktif untuk mengeruk sedimentasi yang ada di sungai. Sementara satunya difungsikan untuk melanjutkan hasil kerukan.

BACA JUGA:  BMKG: Cuaca Ekstrem sampai Maret

“Ini akan ditata menjadi tanggul dengan ketinggian 2-3 meter, dan lebarnya mencapai 3-4 meter,” jelas Dwi.

Sedangkan untuk anggaran, menghabiskan dana sekitar Rp 80,9 miliar. Dengan adanya normalisasi, diharapkan daya tampung sungai kembali meningkat. Sehingga bisa mengurangi genangan banjir. (cr7/fat)

  • Bagikan