Pembagian Lapak Pasar Dikeluhkan Pedagang

  • Bagikan
Pasar Buah dan Sayur Pemalang
JUAL BELI: Aktivitas perdaganan di Pasar Buah dan Sayur Pemalang yang baru saja dibangun, Selasa (2/3). (UFAN FAUDHIL / LINGKAR JATENG)

PEMALANG – Relokasi Pasar Buah dan Sayur Pemalang berjalan lancar dan sejak akhir 2020, para pedagang sudah mulai menempati di lokasi tersebut. Pasar yang memiliki 520 lapak ini dibangun oleh pemerintah setempat karena pasar yang lama dirasa sudah tidak layak. Meski begitu, sejumlah pedagang mengeluhkan tentang pembagian lokasi kios yang tidak sesuai harapan.

Kepala Pasar Buah dan Sayur Pemalang Eko mengatakan, pasar ini lebih luas dari pasar lama yang hanya memiliki sekitar 200 kios. Tempat baru ini lebih tertata dan dikelompokan sesuai dengan jenis dagangan.

“Ada empat pengelompokan petama penjual sayur di sebelah selatan pintu masuk penjual bawang, bagian tengah ada penjual sayur, selatan ada penjual buah dan paling belakang ada lapak penjual kuliner. Tapi ada juga yang bercampur tidak pasti barang jualannya,” katanya Selasa (2/3).

Ia mengungkapkan, semua pedagang yang ada di pasar lama sudah pindah ke yang baru, namun pihaknya tidak bisa memastikan apakah para pedagang menempatinya atau tidak. Meski memiliki bangunan yang lebih luas, pasar ini sepi didatangi oleh pembeli karena Covid-19.

BACA JUGA:  Pemindahan Pedagang ke Pasar Johar Heritage Belum Jelas

“Tapi sekarang daya beli tidak menentu juga terkadang stok banyak pembelinya kurang dan penjual sampai membuang barang dagangannya yang tidak laku,” jelasnya.

Seorang pedagang buah di pasar tersebut, Sakhroni mengatakan sistem penempatan lapak di Pasar Buah dan Sayur ini tidak sesuai dengan apa yang diinginkan para pedagang. Ia mengeluh karena lapak yang menurutnya strategis hanya untuk kelompok tertentu saja. Terlalu luasnya pasar juga menjadikan pembeli enggan menjangkau lapak yang lebih dalam.

“Dari awal perjanjian masuk sini seharusnya semua lapak pedagang dibagi secara acak namun, dalam prakteknya banyak pedagang dari paguyuban yang punya lapak diarea depan dan strategis,” ujarnya.(cr8/akh)

  • Bagikan