Pemkab Gunung Kidul Berharap Pembangunan Pelabuhan Gesing Dipercepat

  • Bagikan
Pelabuhan Pantai Baron
Pelabuhan Pantai Baron. (ANTARA / LINGKAR JATENG)

GUNUNG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharap adanya percepatan pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Gesing. Hal tersebut bertujuan untuk mendongkrak perekonomian nelayan Kecamatan Panggang dan sekitarnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Gunung Kidul Krisna Berlian mengatakan proses pembangunan pelabuhan sepenuhnya ditangani oleh Pemerintah DIY. Saat ini masih dalam penyusunan dokumen perencanaan dan kajian akademis.

“Pantai Gesing sangat cocok dijadikan pelabuhan perikanan karena memiliki pemecah ombak alami. Sehingga tidak perlu dibuatkan pemecah ombak saat pelabuhan dibangun,” ungkap Krisna.

Ia mengatakan kelebihan pengembangan Pantai Gesing, yakni lokasinya juga strategis. Nelayan bisa lebih mudah menjangkaunya dan mengaksesnya. Rencana pembangunan pelabuhan ini menjadi kunci mengoptimalkan potensi laut.

“Kami berharap program ini bisa segera direalisasikan. Agar nelayan memiliki akses yang baik untuk pendaratan kapal serta hasil tangkapannya. Untuk langkah awal masih sebatas pelabuhan pendaratan ikan. Tapi ke depannya akan dijadikan pelabuhan perikanan seperti di Pantai Sadeng,” jelas Krisna.

Salah seorang nelayan, Markam mengatakan, mendukung adanya pembangunan pelabuhan. Meski hingga sekarang, hal itu masih sebatas wacana. Keberadaan pelabuhan perikanan memudahkan nelayan memasarkan hasil tangkapannya.

BACA JUGA:  BMKG Yogyakarta : Waspada Cuaca Ekstrem

“Pelabuhan perikanan ini sangat dinanti-nanti nelayan. Sehingga hasil tangkapan nelayan bisa langsung dijual ke konsumen dan rumah makan di sekitar kawasan Pantai Gesing. Saat ini, wisata di kawasan Pantai Gesing tumbuh dengan baik. Harapannya bisa memasarkan hasil tangkapan nelayan Gesing,” pungkasnya. (ara/zul)

  • Bagikan