Gemilang, Lingard Dongkrak Posisi West Ham

  • Bagikan
Pemain West Ham United Craig Dawson
GEMBIRA: Pemain West Ham United Craig Dawson merayakan gol kedua timnya bersama Declan Rice ketika mereka menang 2-0 melawan Leeds United di Stadion London, Selasa (9/3). (ANTARA / LINGKAR JATENG)

LONDON – West Ham United memperkuat asa mereka untuk finis empat besar berkat dua gol yang diciptakan oleh Jesse Lingard dan Craig Dawson. Dua gol itu membuat mereka menang di kandang atas Leeds United dalam pertandingan Liga Premier Inggris, Selasa (9/3).

Lingard memanfaatkan bola muntah setelah tendangan penalti rekan satu timnya dimentahkan pada menit ke-21. Ini adalah gol keempatnya dalam enam penampilan sejak dipinjamkan kepada West Ham oleh Manchester United.

Dawson menggandakan kedudukan West Ham yang dia lesakkan dari sundulan untuk mengantarkan timnya naik ke posisi lima dengan 48 poin dari 27 pertandingan. Tim asuhan David Moyes itu kini dua poin di bawah peringkat kedua Chelsea dengan menyimpan satu pertandingan lebih banyak.

Leeds bernasib sial dengan dua kali golnya dianulir sebelum West Ham mencetak gol, selain membuang sejumlah peluang bagus untuk mengimbangi West Ham. Laga yang membuat frustrasi Leeds ini membuat tim Marcelo Bielsa tercecer pada urutan 11 klasemen Liga Inggris.

“Leeds membuat kami bermasalah, dua gol yang dianulir, kami dipaksa bangkit dan mengendalikan laga. Kami bisa saja ketinggalan satu atau dua gol dan itu akan bisa mempersulit untuk bangkit melawan tim seperti Leeds,” kata kapten West Ham Declan Rice.

Sementara itu, Chelsea memperpanjang catatan mengesankan di bawah pelatih baru Thomas Tuchel. Merek berhasil meraih kemenangan kandang 2-0 atas Everton. Kai Havertz memainkan peran kunci dalam kedua gol tersebut saat kembali masuk dalam 11 pemain inti.

BACA JUGA:  Persijap Berharap Ada Kepastian Kompetisi

Pemain asal Jerman itu telah berjuang untuk menunjukkan bahwa ia pantas dihargai 71 juta pound ($ 98 juta) oleh Chelsea. Dari tendangan Havertz yang meneruskan umpan silang Marcos Alonso itulah yang membuat bek Everton Ben Godfrey membobol gawangnya sendiri pada menit ke-31.

Pada menit ke-64, Havertz mendapatkan umpan panjang dari Mateo Kovacic dan dijatuhkan oleh kiper Everton Jordan Pickford. Jorginho yang dipercaya menjadi algojo sukses mencetak gol dari titik penalti setelah sukses mengecoh Pickford.

Itu adalah kemenangan keenam dalam sembilan pertandingan liga bagi The Blues. Sejak Tuchel menggantikan Frank Lampard pada akhir Januari dan Chelsea imbang pada tiga pertandingan lainnya, hanya kebobolan dua gol.

Tuchel memuji Havertz yang sempat terkena Covid-19 pada November 2020. Selanjutnya tenaga pemain asal Jerman itu hanya digunakan sebagai pemain pengganti sebelum mengalami cedera bulan lalu.

“Itu adalah kepercayaan yang kami berikan padanya dan dia menggunakan kepercayaan yang kami berikan padanya. Dia adalah pemain yang memiliki semua kemampuan untuk menjadi sosok dominan dalam pelanggaran dan dia melangkah,” kata Tuchel kepada BT Sport. (ara/fat)

  • Bagikan