Hujan Diperkirakan Sampai April, Ganjar Ajak Masyarakat untuk Menanam

  • Bagikan
(HUMAS / JOGLO JATENG)
MENANAM : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam pohon di DAS Kali Kripik, Kampung Jawi, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (21/3) pagi. (HUMAS / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak henti-hentinya mengajak warganya untuk merawat alam dengan cara menanam pohon di daerah aliran sungai (DAS) yang rawan longsor. Hujan yang masih berlangsung sampai akhir April, menurutnya, harus dimanfaatkan.

“Ada kesempatan kalau lihat dari sisi cuaca ya, curah hujan masih ada meskipun sedikit sampai dengan akhir April,” ucapnya usai menanam pohon di DAS Kali Kripik, Kampung Jawi, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (21/3) pagi.

Ganjar menegaskan, aksi yang dilakukannya tak lain sebagai upaya menggerakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menanam pohon untuk memelihara alam. Sekaligus, upaya mencegah bencana.

Ganjar mengatakan, tradisi merawat dan memelihara alam melalui penanaman pohon ini harus menjadi kesadaran bersama. Ganjar pada kesempatan itu, juga menitip pesan pada pengelola Kampung Jawi terkait pengelolaan sampah.

“Jadi kita penyelamatan ini daerah aliran sungai karena area-area ini memang rawan longsor, dan masyarakat kita ajak untuk nanam tanaman buah-buahan itu ada jambu, mudah-mudahan nanti juga akan manfaat. Nah tradisi menanam, memelihara ini musti penting,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ganjar Kirim Tim Khusus Tangani Padamnya Api Abadi Mrapen Grobogan

Sementara itu, Pengelola Kampung Jawi, Siswanto mengatakan setidaknya ada 1.000 bibit pohon yang ditanam di sempadan kali Kripik. Penanaman melibatkan pengurus Kampung Jawi juga warga di Kelurahan Sukorejo yang berdampingan langsung dengan DAS Kali Kripik.

“Ada 1.000 lebih, jenisnya ada sengon, jambu juga ada pohon rambutan juga. Tadi poinnya pak Gub untuk merawat dan membersihkan lingkungan, juga diminta untuk mengelola sampah dengan baik,” tandasnya. (hms/git)

  • Bagikan