E-TLE Bisa Ungkap Kasus Kriminal

  • Bagikan
lalu lintas di E-TLE
PANTAU: Anggota Polres Kudus saat memantau kondisi lalu lintas di E-TLE yang berada di lima titik wilayah Kabupaten Kudus. (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) tak hanya bisa menindak pelanggar lalu lintas saja. Program tersebut juga bisa digunakan untuk menghindari adanya gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), sekaligus mengungkap tindak kriminalitas.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, Kamera CCTV telah dipasang di lima titik wilayah Kudus. Yakni di perempatan Bejagan, Pentol, Barongan, Simpang Tujuh, dan DPRD Kudus. Kemudian ada juga Kamera Portable Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (KOPEK) juga terpasang di lima helm patroli.

“Ada juga dash cam yang terpasang di mobil patrol polisi. Kamera yang ada ini tidak hanya menindak pelanggaran lalu lintas saja, bisa digunakan dalam pantauan gangguan kamtibmas atau kriminalitas,” ucapnya.

Pihaknya berharap, adanya kamera tersebar di sejumlah wilayah tidak ada tindakan kriminalitas yang terjadi. Adanya sistem tilang elektronik ini pula, masyarakat Kabupaten Kudus bisa lebih tertib dan patuh akan lalu lintas.

“Semakin banyaknya kamera yang ada, diharapkan tidak ada tindakan kriminalitas yang terjadi. Meskipun ada, nantinya bisa dijadikan support dalam membantu mengungkap kasus kriminalitas yang terekam di kamera pengintai ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Plt Bupati HM. Hartopo Tinjau Lokasi Tanggul Jebol dan Longsor

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo sangat mengapresiasi program atau sistem E-TLE yang ditetapkan oleh Polri di era digitilalisasi berbasis teknologi informasi. Dikarenakan dapat mengurangi angka kecelakaan, lantaran masyarakat tertib dan berhati-hati saat berkendara.

“Anggota Polri berkeliling memantau langsung masyarakat yang melanggar lalu lintas sangatlah bagus. E-TLE ini kan langsung bisa mendeteksi langsung wajah pelanggar atau pelat nomor, sehingga harapannya lalu lintas bisa semakin aman dan tertib,” ujarnya. (sam/fat)

  • Bagikan