Karantina Terpusat Dipersiapkan bagi Pemudik

  • Bagikan
Plt Bupati Kudus HM Hartopo
Plt Bupati Kudus HM Hartopo. (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Demi menjaga tren kasus penurunan Covid-19 di Kota Kretek, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mempunyai rencana persiapkan kembali tempat karantina. Hal itu digunakan untuk menampung pemudik yang nekat mudik.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, Pemkab tidak akan melarang tegas pemudik pulang ke keluarganya masing-masing. Oleh sebab itu, tempat-tempat karantina dipersiapkan.

“Yang namanya kangen keluarga mau diapakan, tidak bisa dicegah. Kami akan persiapkan seperti rusunawa dan tempat-tempat karantina lainnya untuk mengantisipasi hal itu,” ucapnya, Kamis (1/4).

Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan unsur terkait untuk meminta pengawasan di tingkat RT dan RW agar diperketat. Sehingga screening para pemudi bisa berjalan baik.

“Di area perbatasan juga akan dilakukan screening massal acak bagi pelaku angkutan umum. Tak terkecuali nanti kendaraan pribadi sekaligus kami coba screening secara acak,” terangnya.

Adapun untuk titik karantina orang dalam pemantauan (ODP) pada tahun lalu, Pemkab Kudus menyiapkan empat lokasi. Yakni di Rusunawa Kudus, Graha Muria, Balai Diklat Menawan, dan yang disediakan oleh Perusahaan Rokok (PR) Sukun.

BACA JUGA:  Mendengar Aspirasi, Mendekat dengan Rakyat

Diketahui, larangan mudik pada Lebaran tahun ini ditetapkan pemerintah kembali. Yaitu dimulai 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang demi terjaganya kasus penurunan positif Covid-19 di Indonesia. (sam/gih)

  • Bagikan