UKW, Tingkatkan Profesionalisme Pers

  • Bagikan
pengukuhan pengurus PWI Kabupaten Pati periode 2021-2024
PENGUKUHAN: Prosesi pengukuhan pengurus PWI Kabupaten Pati periode 2021-2024, belum lama ini. (ACHWAN / LINGKAR JATENG)

PATI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati menggelar Konferensi Kabupaten (Konferkab), Sabtu (3/4). Bupati Pati Haryanto hadir dalam acara tersebut. Ia mendorong wartawan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) untuk meningkatkan profesionalisme insan pers.

Haryanto menyampaikan harapannya kepada media massa untuk memberikan pencerahan dan memberikan sajian informasi yang mendidik masyarakat. “Wartawan harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang diberitakan. Profesionalisme harus menjadi hal utama,” terangnya.

Ia juga menyatakan uji kompetensi menjadi sangat penting untuk diikuti para pewarta. Sebab produk jurnalistik yang bermutu turut membangun masyarakat yang beradab. Dirinya sependapat dengan adanya uji kompetensi wartawan. “Paling tidak ada sertifikat kompetensi yang dimiliki,” ungkapnya.

Di lain pihak, Ketua PWI Pati, Noor Effendi menyampaikan harapannya agar pihaknya terus bisa menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pati secara konsisten. “Selama ini kerja sama telah berjalan baik. Kami berharap kedepan Pemkab bisa memfasilitasi uji kompetensi wartawan,” paparnya.

Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemkab dalam rangka menciptakan iklim jurnalistik yang profesional dan kredibel. Dalam kesempatan tersebut ia juga meminta pada perwarta untuk bekerja sesuai kode etik. Melalui sertifikasi wartawan ia menginginkan para pewarta menguasai teknik penyajian berita secara bermutu dan berkualitas. Sebab mutu pemberitaan menyangkut dengan kode etik profesi.

BACA JUGA:  Pemkab Pati Tetapkan Jam Malam

“Uji kompetensi akan melahirkan wartawan yang kompeten dan menyajikan informasi berkualitas kepada masyarakat. Wartawan harus amanah dalam menjalankan tugas.  Tanpa itu kita semua akan sulit membangun kepercayaan dengan masyarakat,” harapnya.

Dalam Konferkab tersebut Noor Effendi kembali terpilih untuk memimpin PWI periode 2021-2024. Wakil Ketua PWI Jateng, Isdiyanto Isman juga turut hadir dalam kesempatan tersebut. Konferkab tersebut juga secara resmi membentuk kepengurusan baru yang akan bertugas. (cr4/fat)

 

  • Bagikan