Bangkitkan Ekonomi lewat Wisata Religi

  • Bagikan
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi
TUNJUK: Walikota Semarang, Hendrar Prihadi saat melakukan safari Ramadan di Masjid Sekayu beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata yang sempat terdampak pandemi Covid-19. Salah satu sektor pariwisata yang gencar digarap adalah sektor wisata religi.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengungkapkan jika wisata religi merupakan salah satu daya tarik Kota Lumpia yang sangat potensial untuk dikembangkan. Pasalnya, Semarang dikenal sebagai salah satu kota yang sarat akan akulturasi beragam budaya.

Pengembangan sektor wisata religi nantinya diharapkan mampu mendongkrak potensi wisata di Kota Semarang. Adapun salah satu destinasi yang sedang dikembangkan oleh Pemkot Semarang adalah Masjid Taqwa Sekayu.

Dalam rangka itulah, beberapa waktu lalu Walikota Semarang menyambangi Masjid Taqwa Sekayu. Dirinya menyebutkan bahwa masjid tersebut merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang. Hal itu dikarenakan Masjid Taqwa Sekayu yang dulu bernama Masjid Pekayuan dan dibangun pada tahun 1413 tersebut adalah masjid tertua di Kota Semarang bahkan di Jawa Tengah.

“Karena masjid ini adalah masjid tertua di Semarang bahkan di Jawa Tengah, maka sudah sepantasnya agar dijaga kelestariannya,” ujar pria yang akrab disapa Hendi itu, belum lama ini.

BACA JUGA:  Nelayan Tambaklorok Terjerat Rentenir

Untuk mewujudkan komitmennya, Hendi merencanakan tahun ini akan melakukan pemugaran terhadap gapura masjid. Tak hanya itu, Hendi pun melakukan perbaikan akses jalan menuju makam ulama yang selama ini telah menjadi destinasi wisata religi, antara lain makam Ki Ageng Pandanaran, makam Mbah Kramat Jati, makam Sun An Ing di Lebdosari, dan makam Kyai Safii Mangkang.

Hingga kini, Masjid Taqwa Sekayu masih menarik perhatian umat Muslim dari berbagai daerah untuk sekedar singgah dan menyaksikan secara langsung keistimewaan Masjid Taqwa Sekayu. (cr2/git)

  • Bagikan