Pemkab Diminta Segera Laksanakan Vaksinasi Semua Guru

  • Bagikan
Anggota Komisi D DPRD Kudus Sutriyono
INSTRUKSI: Anggota Komisi D DPRD Kudus Sutriyono saat meminta Pemkab Kudus agar segera memvaksin semua guru (25/4). (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus diminta untuk segera melaksanakan vaksinasi ke semua tenaga pendidik atau guru. Hal itu dikarenakan supaya sekolah-sekolah bisa menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Sutriyono mengatakan, banyak sekolahan yang sudah berhasil melakukan PTM sesuai protokol kesehatan (Prokes). Pihaknya pun menilai beberapa simulasi yang telah dilakukan sudah bagus.

“Saya lihat pembelajaran sudah bagus. Saya harap Pemkab bisa segera melakukan penyuntikan vaksin ke semua guru di Kudus. Dengan maksud agar PTM dapat dilakukan di semua sekolah,” ucapnya.

Pihaknya menyarankan, jika ada sekolah yang nekat gelar tatap muka dan gurunya belum divaksin, maka harus ditindak tegas. Pemkab pun berhak untuk menghentikan secara paksa kegiatan tersebut.

“Semua itu kami kembalikan kepada pak Bupati yang memang memiliki kebijakan. Sekaligus sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kudus,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo menanggapi soal vaksinasi semua tenaga pendidik, pihaknya tidak bisa menjamin. Disebabkan pihaknya soal vaksin menunggu jatah yang dikirimkan ke Kabupaten Kudus.

BACA JUGA:  Tekan Angka BAB Sembarangan dan Stunting, Ini yang Dilakukan Camat Undaan Kudus

“Target vaksinasi guru di Kudus selesai di bulan Juli, yakni sebelum PTM berlaku di Juli nanti. Semoga saja ya tidak ada hambatan dengan jumlah vaksin yang terbatas,” tuturnya.

Pihaknya tetap berpedoman kepada Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Yakni hanya Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang melakukan PTM.

“Untuk pembelajaran tatap muka, kami mengikuti instruksi dari Pak Gubernur. Saat ini memang baru beberapa jenjang saja yang diperbolehkan, tidak semua. Kemungkinan pada Juli nanti sudah bisa tatap muka semua, dengan melakukan simulasi terlebih dahulu. Namun, vaksinasi terhadap guru juga harus sudah selesai,” ujarnya

Adapun untuk vaksinasi tenaga pendidik di Kabupaten Kudus, tercatat sudah ada lebih dari 500 orang. Serta ada penambahan 28 SMP yang tenaga pendidiknya divaksinasi, pasalnya telah digelar Ujian Sekolah (US) tatap muka.

“Sekolah-sekolah sudah mulai simulasi dan sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Orang tua murid kami sarankan untuk menjemput dan mengantar anaknya,” pungkasnya.(sam/zul)

  • Bagikan