DPRD Setujui LKPJ Bupati

  • Bagikan
Wakil ketua 1 DPRD Pemalang Subur Musholeh
SINERGI: Penyerahan Rekomendasi LKPJ Oleh Wakil ketua 1 DPRD Pemalang Subur Musholeh, kepada Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Senin (26/4). (ISTIMEWA / LINGKAR JATENG)

PEMALANGDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemalang menggelar rapat paripurna dalam rangka persetujuan dan penyerahan keputusan DPRD tentang rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap LKPJ Bupati Pemalang tahun 2020. LKPJ ini telah dibahas dengan melihat capaian kinerja program dan kegiatan oleh Lembaga legislatif.

Wakil ketua 1 DPRD Pemalang Subur Musholeh menjelaskan pembahasan LKPJ akhir tahun anggaran 2020 dilakukan oleh pansus yang dilanjutkan dengan rapat pimpinan DPRD Pemalang dengan pimpinan panitia khusus. Hal ini dilakukan untuk merumuskan rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap RKPD yang akan diputuskan oleh DPRD.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyampaikan, terkait dengan pencapaian visi dan misi Kabupaten Pemalang tahun 2016-2021, ada beberapa indikator kinerja untuk Tahun Anggaran 2020 yang tidak tercapai. Menurutnya, cakupan wilayah kumuh dan ketercukupan air bersih bagi rumah tangga yang masih perlu penanganan lebih serius.

“Marilah kita jadikan sebagai bahan evaluasi dan sekaligus tantangan untuk kita perbaiki di tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Percepat Pemulihan Ekonomi di Tahun 2021

Selain itu, di tengah keterbatasan anggaran, pemerintah setempat akan terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Cara yang ditempuh dengan memprioritaskan program dan kegiatan yang berpengaruh pada capaian RPJMD, prioritas provinsi dan prioritas pusat serta mengurangi belanja barang dan jasa yang tidak perlu.(cr1/akh)

  • Bagikan