Harapkan Hasil Maksimal, Persiapkan UAS Sejak Lama

  • Bagikan
Elok Cahya Dewi, siswi SMP Negeri 2 Pemalang
Elok Cahya Dewi, siswi SMP Negeri 2 Pemalang. (AFIFUDIN / LINGKAR JATENG)

PEMALANG Ujian akhir semester (UAS) akan segera tiba dalam waktu dekat menjadikan siswa dan siswi mulai mempersiapkan bekal untuk menghadapi hal itu. Mengulas materi yang sudah disampaikan dan muilai melakukan Latihan dengan mengerjakan soal sesuai mata pelajarannya.

Elok Cahya Dewi, salah satu siswi SMP Negeri 2 Pemalang mengaku mulai mencicil untuk mengulang materi yang sudah disampaikan oleh guru sejak jauh-jauh hari. Menurutnya, belajar menggunakan sistem kebut semalam sangat tidak efektif.

“Mulai sekarang saya sudah mulai mencicil pelajaran yang telah diajarkan, selain itu latihan soal juga dilakukan karena soal UAS tentunya tidak jauh berbeda dengan apa yang telah diajarkan,” katanya.

Meski dari pihak sekolah belum mengumumkan secara resmi kapan UAS akan dilakukan, ia tetap belajar guna mempersiapkan mental dan materi.  Menurutnya, hal yang dilakukannya saat ini sebuah keharusan, bahkan tanpa UAS pun tugas siswa seharusnya memang belajar. Selain itu, Elok juga belum mendapatkan informasi bagaimana sistematika UAS yang akan dilalui dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:  Komisioner KPAI : Hak Pendidikan Anak Harus Terjamin

“Sekolah belum memberikan pengumuman kapan pelaksanaan UAS dan akan menggunakan online atau langsung,” jelasnya.

Selain belajar, Elok juga merasa senang ketika mendapatkan tugas dari sekolah, setiap mata pelajaran yang didapatnya setiap minggunya akan terasa lebih mudah dipelajari ketika langsung diberikan soal. Kemauan untuk memahami materi mau tidak mau akan terus diasah supaya bisa mengerjakan latihan.

“Semoga bisa mendapatkan nilai yang memuaskan dan dalam pelaksanaannya diberikan kemudahan serta kelancaran,” harapnya.(cr1/akh)

  • Bagikan