Pinjamkan Inkubator Gratis untuk Bayi Prematur

  • Bagikan
Budiyono DPRD Kudus
PINJAMKAN: Budiyono saat meminjamkan inkubator gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, belum lama ini. (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Terjadinya bayi yang lahir prematur dan mahalnya penyewaan inkubator, membuat Budiyono tergerak. Ia meminjamkan inkubator kepada masyarakat yang membutuhkan atau tidak mampu secara gratis.

Politisi Partai Amanat Nasional ini siap meminjamkan secara gratis bagi siapapun masyarakat yang memerlukan. Dengan syarat yang cukup mudah, yakni hanya membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai data dan mengisi formulir.

“Kalau di rumah sakit kan mahal, jadi kami inisiatif untuk memfasilitasi mereka yang kurang mampu secara gratis. Kini kami hanya mempunyai tiga inkubator yang siap diantar atau diambil sendiri di center kami,” ucap Budiyono Relawan Inkubator Gratis.

Pihaknya juga tidak membatasi berapa lama jangka waktu dalam meminjam inkubator tersebut. Dipinjamkan hingga bayi memang sudah dinyatakan sehat dan tidak memerlukan inkubator lagi. Hal ini dilakukannya kurang lebih sudah tiga tahun ini.

“Kami tidak membatasi, biasanya paling hanya satu bulan. Kalau waktu itu tergantung dari bidan atau dokter yang merawatnya. Nanti tenaga kesehatan melihat kondisi bayi, jika dinyatakan sudah tidak lagi diperlukan ya mereka bisa menyerahkan kembali inkubator ke kami,” tuturnya.

BACA JUGA:  Semangat Kiai dan Santri Terus Berkobar

Antusias masyarakat dalam meminjam inkubator pun dirasa sangat banyak, pihaknya kadang sampai menolak lantaran tiga unit sudah terpakai semua. Akan tetapi jika tidak bisa tertangani olehnya, nantinya akan dilempar ke center pusat. Yakni Yayasan Bayi Prematur Indonesia.

Dengan adanya inkubator gratis tersebut, lanjut Budiyono, dapat membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan. “Alhamdulillah dengan kegiatan berbagi manfaat ini, kedepannya dapat bisa membantu masyarakat yang membutuhkan inkubator ini secara gratis,” pungkasnya. (sam/fat)

  • Bagikan