Targetkan Menjadi Sekolah Adiwiyata

  • Bagikan
guru SMP Negeri 3 Randudongkal
ASRI: Salah seorang guru SMP Negeri 3 Randudongkal menuju kelas. (DOK. PRIBADI / LINGKAR JATENG)

PEMALANG, Lingkarjateng.com – Setiap sekolah tentu memiliki program atau visi misi yang menjadi acuan dasar, salah satunya SMP Negeri 3 Randudongkal. Mengusung visi mewujudkan sekolah bermutu, teladan dengan akhlak berbasis lingkungan hidup, lembaga pendidikan ini mulai melakukan rintisan sekolah Adiwiyata.

Kepala SMP Negeri 3 Randudongkal Ninik Widayanti mengatakan, visi sekolah yang sekarang menjadi acuan program merupakan bentuk visi yang baru. Dengan imbuhan kata ‘berbasis lingkungan hidup’ pihaknya berusaha mewujudkan sekolahnya menjadi sekolah Adiwiyata.

“Pencanangan sekolah Adiwiyata baru disepakati pada pertengahan semester satu tahun lalu, dan Alhamdulillah mendapatkan dukungan dari teman-teman guru,” katanya.

Program tersebut bermula saat pihaknya mendapat undangan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemalang terkait sekolah Adiwiyata. Nantinya, semua kegiatan yang akan dilaksanakan tentunya direncanakan melalui program yang berkaitan dengan sekolah Adiwiyata, dan kami dapat bimbingan juga dari dinas lingkungan hidup setempat.

“Untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata memang membutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk siswa yang akan melakukan menjalankan praktek terkait materi yang berhubungan dengan lingkungan,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Gelar Pelatihan Menulis Arab

Sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1985 ini sudah mulai melangkah di lapangan guna mewujudkan sekolah Adiwiyata. Secara administrasi, semua kegiatan di pembelajaran maupun lingkungan harus teradministrasi dengan baik, terutama dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Ia mengaku, untuk menjadikan sekolah menjadi Adiwiyata tidaklah mudah dan masih banyak yang harus persiapkan serta dilakukan. Namun, pihaknya yakin sekolah ini bisa menjadi sekolah Adiwiyata.

“Kenapa kami berani mengakat program ini, karena kalau tidak ada program, tidak akan ada tindak lanjut. Apapun yang terjadi kedepan, kita punya program, kita berorientasi sesuai program, dan  pelan tapi pasti itu suatu keyakinan dan kita sudah sepakat,” tegasnya.(cr1/akh)

  • Bagikan