Gunung Gajah, Wisata Alam Unik dan Murah

  • Bagikan
objek wisata Gunung Gajah
GERBANG UTAMA: Sejumlah wisatawan sedang melewati gerbang menuju objek wisata Gunung Gajah, Minggu (30/5). (UFAN FAUDHIL / LINGKAR JATENG)

PEMALANG, Lingkarjateng.com – Gunung Gajah merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pemalang yang menyajikan pemandangan alam menarik dengan biaya yang murah. Di tempat ini wisatawan bisa mendaki dataran tinggi yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan Gunung Gajah.

Petugas Tiket Wisata Gunung Gajah, Junaedi mengatakan, tempat ini memiliki udara yang sejuk yang membuat betah pengunjung yang datang. Selain itu tempat ini memnyajikan spot-spot untuk berswafoto yang cukup banyak dan jika ada yang ingin merasakan pendakian namun, dengan jalur yang pendek serta tingkat kesulitan beragam bisa mencobanya di sini.

“Di sini kita menawarkan tempat swafoto yang cukup banyak dan pemandangan alam dan jalur pendakian pendek dengan tingkat kesulitan beragam sampai harus menggunakan tali untuk sampai di atas puncak gunung gajah,” katanya kemarin.

Selain itu, pengunjung juga bisa memberi makan monyet liar di kawasan ini dengan membeli kacang seharga Rp2.000. Pengunjung tidak diperkenankan untuk memberikan makan selain kacang untuk menjaga lingkungan dan kesehatan monyet di situ.

Pada saat hari Minggu ini jumlah pengunjung bisa mencapai 500 orang yang biasanya datang dari Pemalang atau luar kota sekitar dengan tiket masuk Rp3.000 cukup murah dari pada wisata lainnya. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 sempat ditutup saat awal pandemi dan dibuka kembali, tetapi tak seramai sebelumnya.

BACA JUGA:  Menilik Potensi Bisnis Budidaya Jamur Tiram

“Disini biasanya dihari biasa pengunjung bisa 200 orang dan naik saat hari libur tiba namun, pandemi ini penjualan tiket menurun dratis hari biasa hanya ada 40 sampai 50 orang dan libur paling banyak 200 orang,” jelasnya.

Seorang wisatawan Gunung Gajah Darmo (56) menututurkan akses jalan menuju wisata ini banyak yang rusak dan hanya bisa dilalui motor, sedangkan untuk mobil tidak bisa sampai masuk ke tempat wisata karena jalan yang kecil dan rusak. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu pekerjaan rumah pemerintah setempat untuk mengembangkan wisata lokal.

“Inilah yang harus dibenahi pemerintah untuk memajukan wisata terutama di Gunung Gajah, padahal disini cukup menarik dan harus disinggahi bila berkunjung ke Pemalang,” tegasnya.(cr8/akh)

  • Bagikan