Pemkab Pati Sewa Hotel untuk Isolasi Mandiri

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
TINJAU: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Bupati Pati Haryanto saat mendatangi salah satu hotel yang menjadi tempat karantina terpusat di Kabupaten Pati, Selasa (15/6). (HUMAS / LINGKAR JATENG)

PATI, Lingkarjateng.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendatangi salah satu hotel yang merupakan salah satu tempat karantina terpusat di Kabupaten Pati, Selasa (15/6). Dirinya didampingi Bupati Pati Haryanto, melihat kondisi tempat isolasi bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, dengan kondisi tanpa gejala maupun gejala ringan.

Ganjar mengapresiasi upaya Pemkab Pati dalam menjadikan hotel sebagai tempat isolasi. Menurutnya dengan menggandeng pihak swasta untuk menyediakan tempat isolasi adalah langkah tepat untuk penanganan Covid-19.

“Inisiatif ini merupakan langkah yang bagus. Tempatnya aman, bersih, bisa dipantau, dan nyaman bagi pasien,” ujarnya.

Ia berharap para kepala daerah lain bisa menggandeng berbagai pihak untuk penyediaan tempat isolasi terpusat. Hal ini dilakukan untuk mengejar BOR (Bed Occupancy Ratio) yang ada di rumah sakit.

Sementara itu, Bupati Haryanto mengungkapkan penggunaan hotel sebagai tempat isolasi terpusat adalah kali keduanya. Ia menyebutkan, pada 2020 Pemkab Pati menyewa juga menyewa hotel sebagai tempat isolasi bagi warga yang terpapar virus corona. Saat kasus Covid-19 mereda di Februari lalu, Pemkab Pati menghentikan penyewaan hotel.

BACA JUGA:  Seorang Guru SD Swasta di Pati Meninggal Dunia Karena Terpapar Covid-19

“Karena sekarang kasusnya kembali melonjak, kami kembali menyewa hotel juga untuk mengantisipasi melonjaknya BOR rumah sakit,” ungkap Bupati.

Pemilihan hotel, disebut akan memberi kenyamanan bagi pasien Covid-19. Dengan kapasitas 94 kamar, Haryanto berharap para pasien Covid yang diisolasi bisa segera sembuh. Bupati mengatakan BOR rumah sakit di Kabupaten Pati saat ini mengalami penurunan. Tak hanya warga Pati, sebagian kamar juga diisi oleh pasien Covid-19 dari kabupaten lain. (hms/fat)

  • Bagikan