Vaksinasi Jemput Bola Jadi Opsi Terbaik

  • Bagikan
Puskesmas Sumpiuh II
HATI-HATI: Petugas Puskesmas Sumpiuh II sedang memeriksa lansia sebelum vaksinasi, belum lama ini. (R SIDIQ / LINGKAR JATENG)

BANYUMAS, Lingkarjateng.com – Sasaran vaksin covid-19 kerap tidak memenuhi undangan vaksin yang dilaksanakan oleh pemerintah. Hal itu membuat pihak Pemerintah Desa Selanegara, Kecamatan Sumpiuh dan Petugas Puskesmas Sumpiuh memutar otak untuk mencari solusi. Hasilnya metode jemput bola adalah opsi terbaik.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, Pemerintah Desa Selanegara pernah membuat undangan untuk 60 orang lansia di desanya sebagai sasaran vaksinasi. Namun, yang datang tidak sampai 50 persen, hanya sekitar 25 orang.

Kepala Desa Selanegara Imam Susanto menjelaskan, pihaknya sudah berusaha dengan berbagai opsi. Salah satunya dengan menjemput sasaran vaksinasi dengan mobil ambulance, namun hasilnya tidak maksimal.

“Kebanyakan lansia mengaku kesulitan jika harus datang ke Puskesmas. Faktor umur membuat lansia repot, tidak ada yang mengantar dan menemani, jarak tempuh relatif jauh dan tidak punya ongkos,” terangnya saat ditemui, belum lama ini.

Susanto mengatakan, dari permasalahan tersebut, ia mengusulkan kepada puskemas agar membuat progam vaksinasi jemput bola. Sehingga, sasaran lebih mudah dijangkau dan vaksinasi bisa berjalan.

BACA JUGA:  Gencarkan Vaksinasi dengan Target 70% Warga Pemalang

“Jemput bola adalah opsi terbaik agar vaksinasi ini bisa berjalan sesuai target. Intinya kita harus bisa melakukan yang terbaik demi menjaga masyarakat terhindar dari Covid-19 ini,” katanya.

Terpisah, Kepala Puskemas Sumpiuh II Muslikhin membenarkan keadaan sulitnya pelaksanaan vaksinasi untuk lansia tersebut. Ia kemudian menyanggupi untuk melaksanakan jemput bola.

“Walaupun kami harus menyiapkan berbagai banyak hal dalam vaksinasi jemput bola ini, namun yang terpenting progam vaksinasi ini bisa membuahkan hasil dan mempermudah lansia melakukan vaksinasi. Mereka tidak datang jauh-jauh ke Puskesmas,” ucapnya. (cr9/gih)

  • Bagikan