Perekaman E-KTP Pemula Kembali Dibuka

  • Bagikan
Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno
Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno. (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / LINGKAR JATENG)

KUDUS, Lingkarjateng.com – Sejak awal pandemi, pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kudus dilakukan secara online. Pelayanan tatap muka hanya dilakukan untuk perekaman e-KTP pemula.

Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno mengatakan, bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman e-KTP dapat datang ke kecamatan atau Disdukcapil. Perekaman pemula tidak dapat dilakukan secara online. Karena membutuhkan sidik jari, foto dan perekaman retina mata.

“Bulan lalu saat kasus Covid-19 melonjak di Kudus, kami putuskan untuk menutup pelayanan perekaman pemula. Jadi memang perekaman pemula dihentikan total,” jelasnya, Rabu (23/6).

Winarno menyebutkan, sebelum pandemi pelayanan perekaman pemula menggunakan sistem jemput bola. Tim dari Disdukcapil mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman.

“Tidak hanya anak yang berusia 17 tahun, anak dengan usia 16 tahun lebih 6 bulan juga kami foto. Perekaman anak yang belum genap 17 tahun bertujuan agar ketika sudah genap usianya, tinggal membawa persyaratan lain saja,” ungkapnya.

Sekdin menerangkan, mulai Senin (21/6) lalu Disdukcapil kembali membuka layanan perekaman e-KTP pemula. Pembukaan pelayanan dilakukan mengingat kasus Covid-19 di wilayah Kudus sudah berangsur turun. “Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, karena kita juga harus melindungi teman-teman petugas lapangan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Cegah Penumpukan, Luncurkan Sistem Baru e-KTP

Ia menambahkan, untuk jam pelayanan perekaman e-KTP pemula di Disdukcapil maupun kecamatan masih sama seperti sebelumnya. Untuk Senin sampai Kamis pelayanan dibuka mulai pukul 07.00-15.15 WIB. Sedangkan Jumat pelayanan dimulai pukul 07.00-11.30 WIB. (cr10/fat)

  • Bagikan