Pendidikan Karakter Terhalang Pandemi

  • Bagikan
Daniatur Rosyidah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 1 Randudongkal
Daniatur Rosyidah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 1 Randudongkal. (DOK. PRIBADI / LINGKAR JATENG)

PEMALANG, Lingkarjateng.com – Pendidikan di masa pandemi mengharuskan segala macam kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan dengan cara pendidikan jarak jauh (PJJ). Pembentukan dan pendampingan terhadap siswa menjadi hal yang susah dilakukan terutama dalam hal karakter.

Guru Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 1 Randudongkal, Daniatur Rosyidah mengatakan, sebagai guru agama, ia merasa kesulitan dalam PJJ di masa pandemi. Terlebih lagi, sebagai guru pendidikan agama yang berkaitan dengan moral dan perilaku siswa.

“Kendala yang paling saya rasakan salah satunya itu susah memantau karakter atau perilaku peserta didik,” katanya.

Ia melanjutkan, salah satu fungsi pendidikan agama menurutnya untuk menumbuhkan keimanan melalui pengetahuan yang nantinya akan diaktualisasikan melalui pengamalan. Lewat hal ini, seharusnya siswa bisa bermanfaat dan tumbuh berkembang bersama iman dan taqwa.

“Khususnya pembentukan karakter yang diharapkan bisa menerapkan perilaku yang berilmu dan berakhlak. Intinya, Pendidikan agama sebagai sarana pembentukan karakter siswa supaya bermoralitas tinggi,” lanjutnya.

Perilaku santun ini secara luas akan memunculkan sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain, baik Islam maupun non Muslim. Kendala berikutnya adalah ditiadakannya pembiasaan keagamaan yang bisa menciptakan harmonisasi antar umat beragama.

BACA JUGA:  Olah Belimbing Wuluh Menjadi Produk Bernilai Ekonomis

Biasanya sebelum pandemi, pihak sekolah mengadakan kegiatan keagamaan di hari Jumat yang melibatkan semua siswa. Namun, karena pemberlakuan PJJ, kegiatan tersebut sementara dihentikan.

“Program pembiasaan keagamaan, diantaranya siswa muslim membaca Asmaul Husna dan tadarus di hari Jumat dan bagi non muslim sekolah memfasilitasi pembimbing kerohanian,” tuturnya.(cr1/akh)

  • Bagikan