Hewan Kurban Wajib Memiliki Surat Sehat

  • Bagikan
pasar hewan Sokaraja
SUASANA: Pedagang tengah menyiapkan hewan mereka di pasar hewan Sokaraja, Jum’at (1/7). (NR SIDIQ / LINGKAR JATENG)

PURWOKERTO, Lingkarjateng.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Kabupaten Banyumas tengah melakukan persiapan terkait pengecekan hewan kurban di pasar hewan di wilayah Banyumas. Hal itu untuk memastikan hewan kurban yang dijual dalam keadaan sehat dan memiliki surat keterangan sehat.

“Kami akan melakukan pengecekan ke pasar-pasar hewan yang ada di pasar hewan di Banyumas sebelum Idul Adha nanti. Kami akan mengecek dan mendata penjualan hewan kurban tersebut sudah sesuai dengan aturan atau belum” Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Banyumas, Ir Sulistiono saat ditemui Jum’at (25/6).

Sulistionto berharap para pedagang menjual hewan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebab, pihaknya siap memberikan sanksi kalau ada yang melakukan pelanggaran.

“Hewan yang dijual tidak diperbolehkan betina produktif baik berlaku untuk sapi dan kambing. Hal tersebut sudah ada dalam undang-undang No.41 tahun 2014  perubahan atas undang-undang No.18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan,” ungkapnya.

Terpisah, Darman (35) pedagang  hewan Sokaraja mengatakan bahwa hewan yang dijual sudah sesuai aturan. Yaitu dalam keadaan aman dan layak konsumsi untuk masyarakat.

BACA JUGA:  Kemenag Minta Pemkab Bantu Logistik

“Saya pastikan hewan yang dijual layak untuk dijadikan korban dan dagingnya pasti layak konsumsi. Kami berharap semoga di musim lebaran kurban kali ini penjualan bisa lebih baik dan permintaan hewan kurban naik dari masyarakat,” katanya. (cr9/gih)

  • Bagikan