Pengelolaan Limbah Masker Harus Tepat

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo
KELOLA: Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo saat memimpin rakor penanganan dan pengolahan limbah infeksius Covid-19, Selasa (6/7). (HUMAS / LINGKAR JATENG)

KUDUS, Lingkarjteng.com – Memakai masker telah menjadi gaya hidup baru masyarakat dalam keseharian. Kebiasaan baru tersebut merupakan salah satu upaya dalam mencegah penularan Covid-19.

Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo mengatakan, tak hanya sekedar memakai masker, masyarakat juga diminta perhatian dalam membuang limbah masker. Sebab limbah masker termasuk dalam limbah infeksius.

Oleh karena itu harus ditangani dengan tepat. Jangan sampai limbah masker tersebut menimbulkan penyakit bagi petugas pengolahan sampah maupun orang-orang yang terlibat di dalamnya.

“Sekarang memakai masker kan sudah menjadi kebutuhan. Nah yang juga harus diperhatikan yakni membuang limbah masker dengan tepat. Jangan sampai kebiasaan membuang masker sembarangan menyebabkan kerugian bagi orang lain,” paparnya.

Pihaknya mengajak dinas terkait untuk mensosialisasikan masyarakat dalam memilah limbah infeksius. Informasi tersebut penting agar masyarakat segera memahami dan membuang limbah sampah infeksius secara benar.

“Sosialisasi tentang memilah dan membuang limbah sampah infeksius harus segera dilakukan. Agar masyarakat ikut andil dan lebih perhatian,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Kudus Agung Karyanto mengajak masyarakat memilah limbah khususnya masker medis dengan benar. Pihaknya menyampaikan pengelolaan limbah infeksius penting untuk lingkungan.

BACA JUGA:  Mawar Hartopo Ajak TP PKK Jadi Pelopor Kebiasaan Baru

“Pengelolaan limbah infeksius ini penting. Oleh karena itu, kami akan mensosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya. (hms/fat)

  • Bagikan