Manfaatkan TikTok Sebagai Media Belajar

  • Bagikan
Aji Syahbana, guru mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Randudongkal
Aji Syahbana, guru mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Randudongkal. (AFIFUDIN / LINGKAR JATENG)

PEMALANG, Lingkarjateng.com – Pembelajaran daring yang diterapkan sejak awal munculnya pandemi Covid-19 menjadikan siswa rentan jenuh terhadap pembelajaran, sehingga materi yang disampaikan tidak maksimal. Untuk mengurangi kejenuhan siswa, guru selalu memberikan inovasi pembelajaran terbaru, dengan memanfaatkan aplikasi Tiktok misalnya.

Guru mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Randudongkal Aji Syahbana mengatakan, untuk pembelajaran daring di masa pandemi, ia berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang telah ditentukan. Ia mengaku kerap kesulitan melakukan pembelajaran dengan metode daring.

“Apabila ada praktek, siswa bisa membuat video menggunakan media Instagram atau TikTok. Isinya mengenai kegiatan praktek atau penjelasan dari siswa,” katanya.

Pasalnya, mata pelajaran yang diampunya bukan hanya materi, melainkan berkaitan langsung dengan praktek, sedangkan tidak semua siswa punya komputer di rumah. Menurutnya, dalam kondisi seperti ini sangat sulit sekali melakukan pembelajaran yang efektif, berbeda dengan pembelajaran tatap muka.

“Saat ini saya akui belum bisa efektif, sulit kalau tidak memberi pembelajaran secara langsung. Sementara ini pembelajaran tentang komputer hanya lewat video,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Persiapkan Kegiatan Saat Purna

Hal lain yang ia amati adalah minimnya minat siswa dalam hal belajar, sehingga perlu adanya pendampingan dan pengawasan dari orang tua tentang perkembangan belajar anak. Padahal, jika minat belajar siswa tinggi, pembelajaran daring justru bisa lebih banyak dimanfaatkan siswa untuk belajar hal-hal baru.

“Saya yakin semua siswa itu pada dasarnya pintar, tinggal tingkat kedisiplinan untuk belajar yang membedakan,” imbuhnya.(cr1/akh)

  • Bagikan