Petugas belum Temukan Hewan tak Sehat

  • Bagikan
lapak hewan kurban yang berada di Jalan Joluntundo, Sambirejo, Gayamsari
PEMERIKSAAN: Petugas Dispertan sedang melakukan pemeriksaan mulut kambing di salah satu lapak hewan kurban yang berada di Jalan Joluntundo, Sambirejo, Gayamsari, Kamis (15/7). (DICKRI TIFANI / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kota Semarang mendatangi sejumlah lapak hewan kurban di Jalan Joluntundo, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari,  kemarin. Hal itu dilakukan untuk memastikan hewan memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban jelang Idul Adha.

Saat di lokasi, petugas melakukan pemeriksaan hewan kurban dimulai dari mata hingga kondisi tubuh hewan. Plt Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat, Veteriner Kusumawati Setianingsih mengatakan, sejumlah lapak saat diperiksa petugas, rata-rata ternaknya dalam kondisi sehat. Hal ini menunjukkan saat pemeriksaan berlangsung yaitu hewan terlihat sehat, cukup umur, poel dan pemeliharaan memadai.

“Selama penyakit hewan yang zoonosisnya enggak ada, pasti aman saja. Kalau agak lesu mungkin karena kondisi cuaca panas,” kata Kusumawati Setianingsih, saat di lokasi pemeriksaan hewan, Kamis (15/7).

Kusuma menuturkan, hewan yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat diberi tanda oleh petugas Dispertan. Dijelaskannya, hewan sehat atau tidak yaitu dilihat dari ciri-ciri mata, bulunya, dan sebagainya. Jika hewan bulunya berdiri, lanjutnya, kemungkinan hewan sedang alami penyakit cacingan.

BACA JUGA:  Kapolda Jateng: Aparat Berpegang Pada Protap Untuk Bubarkan Demontrasi

“Jika ada yang tidak sehat kami anjurkan untuk tidak dijual,” ungkapnya.

Tak hanya pemeriksaan menjelang Idul Adha saja, pihaknya pun melakukan pemeriksaan hingga penyembelihan hewan kurban. Walaupun, ungkap dia, sudah ada ederan dari Sekda untuk dianjurkan pemotongan diarahkan ke RPH.

“Jika ada beberapa masjid besar untuk melaksanakan pemotongan disitu dan ada surat permintaan pendampingan pemeriksaan dari dinas, kita siap periksa,” pungkasnya. (cr11/git)

  • Bagikan