Alihkan Kegiatan Pramuka secara Daring

  • Bagikan
Pramuka gudep 247-148 SMP Negeri 1 Randudongkal
KEPANDUAN: Kegiatan Pramuka gudep 247-148 SMP Negeri 1 Randudongkal sebelum pandemi Covid-19. (DOK. PRIBADI / LINGKAR JATENG)

PEMALANGPramuka yang menjadi kegiatan wajib di lingkungan sekolah saat ini aktivitasnya mengalami kendala akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, kegiatan kepanduan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Randudongkal dialihkan menjadi daring agar siswa tetap dapat mengikuti ekstrakurikuler tersebut.

Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Randudongkal, Abdul Kholiq mengatakan, sudah setahun lebih pihaknya menginisiasi kegiatan kepramukaan secara daring. Selain itu, perkemahan sabtu minggu (persami) sebagai wahana pengenalan dasar tingkat penggalang dan pengenalan gugus depan dilakukan secara virtual.

“Kegiatan kepramukaan itu kan identik dengan kegiatan yang berbaur dengan alam, kalau dilakukan secara daring akhirnya kurang efektif,” katanya.

Namun dalam pelaksanaannya, ia mengaku tetap tidak bisa maksimal, terutama dalam hal penempaan. Pasalnya, penempaan diri yang meliputi mental, fisik dan spiritual yang biasanya dilakukan secara langsung tidak bisa diterapkan secara daring. Ia berharap, dengan adanya vaksinasi untuk anak, termasuk siswa SMP supaya bisa segera direalisasikan supaya pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan.

“Harapan vaksin untuk anak di SMP segera dilakukan, supaya minimal dalam seminggu bisa tatap muka untuk Pramuka sehingga bisa menjalankan kegiatan dan gagasan kepramukaan,” jelasnya.(cr1/akh)

  • Bagikan