Kombinasikan Sistem Daring dan Luring Jadi Solusi PJJ

  • Bagikan
laboratorium komputer di SMP Muhammadiyah Terpadu Moga
FOKUS: Kegiatan belajar mengajar di laboratorium komputer di SMP Muhammadiyah Terpadu Moga beberapa tahun lalu. (DOK. PRIBADI / LINGKAR JATENG)

PEMALANGKebijakan pembelajaran secara daring kembali diterapkan akibat kondisi pandemi Covid-19 yang belum teratasi. Meski sudah setahun diberlakukan, sistem pembelajaran terus mengalami evaluasi agar berjalan lebih baik.

Kepala SMP Muhammadiyah Terpadu Moga Mukid mengatakan, dalam pelaksanaan pembelajaran daring masih ada siswa yang terkendala fasilitas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya masih akan menerapkan kunjungan ke rumah masing-masing murid.

“Mereka yang tidak bisa mengikuti (pembelajaran daring) akan didata oleh wali kelas masing-masing. Mungkin nanti akan menggunakan sistem kunjungan,” katanya.

Nantinya, metode ini akan dilakukan beberapa kali pertemuan. Wali kelas juga akan turut serta dalam kesuksesan program tersebut. Hal ini dilakukan karena hanya wali kelas yang mengerti kondisi dari tiap muridnya.

“Jadi, untuk sementara ini salah satu solusinya nanti akan mengadakan kunjungan yang melibatkan wali kelas,” jelasnya.

Penyelenggaraan metode tersebut merupakan penyeimbang dari penggunaan sistem daring. Upaya ini dilakukan untuk memberi solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan mengikuti kegiatan belajar mengajar.(cr/akh)

  • Bagikan