PPKM Diperpanjang, Penyekatan Jalur Diperketat

  • Bagikan
Petugas gabungan
CHECK POINT: Petugas gabungan bersiaga di jalur masuk kota Pati untuk memeriksa mobil dengan nomor polisi luar daerah, Rabu (21/7). (ACHWAN / LINGKAR JATENG)

PATI – Tim gabungan dari Polres Pati, TNI dan Satpol PP kembali memperketat pemeriksaan gerbang masuk kota di Jalan Raya Pati-Kudus Km 5 depan Plaza Pragola. Hal tersebut dilakukan seiring perpanjangan PPKM darurat yang diumumkan pemerintah baru-baru ini.

Seperti sebelumnya, penyekatan dilakukan terhadap mobil bernomor polisi luar kota untuk dilakukan pemeriksaan. Dalam pelaksanaanya, puluhan petugas gabungan melakukan pemeriksaan surat identitas dan surat bebas Covid-19 dari para pengendara luar daerah yang melintas.

Kasubbag Humas Polres Pati Iptu Sukarno menyatakan tujuan penyekatan tersebut untuk mendisiplinkan pengendara yang melintas. Meskipun begitu, masih kerap ditemui pengendara yang tak membawa kelengkapan yang disyaratkan untuk melintas. Yakni sertifikat vaksin atau keterangan pendukung lainnya.

“Hari ini check point depan Plaza Pragola Kecamatan Margorejo sudah menghentikan 97 lebih kendaraan. Kami memberikan edukasi tentang protokol kesehatan yang harus diterapkan kepada para pengemudi dan penumpangnya,” terangnya, Rabu (21/7).

Selain ditempat tersebut polisi juga menutup akses masuk Kota Pati di ujung barat ruas Jalur Lingkar Selatan (JLS) Pati. Atau di ujung pertigaan Patung Bandeng Margorejo.

BACA JUGA:  DPRD Kawal Kartu Tani dan Distribusi Pupuk

Seperti sebelumnya jika ada di antara pengendara yang tak bisa menunjukkan surat yang diminta, yang bersangkutan terpaksa diminta memutar balik. Dalam pengecekan tersebut tak ditemukan perlawanan pengemudi.

“Sekitar 14 kendaraan kami minta putar balik sebab tak mampu menunjukkan apa yang diminta petugas. Mereka kita arahkan melalui jalur selatan,” imbuhnya.

Namun ia menjamin selama dalam pelaksanaan penyekatan jalur petugas gabungan melakukannya dengan humanis dan simpatik tanpa kesan kekerasan. Hal tersebut sekaligus membantah kesan angker pos penyekatan yang selama ini mengemuka.

“Kami sampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan perjalanan bagi para pengguna jalan. Penyekatan ini akan terus dilakukan hingga batas waktu pemberlakuan masa darurat yang telah ditentukan pemerintah,” pungkasnya. (cr4/fat)

  • Bagikan