Abrasi Ancam Rumah Warga

  • Bagikan
Abrasi
TERKIKIS: Kondisi belakang rumah Ela yang mulai terkena abrasi, Kamis (22/7). (SHOFWAN ZA’IM / LINGKAR JATENG)

REMBANG – Abrasi yang terjadi sepanjang pantai di Desa Blimbing, Kecamatan Sluke mengancam rumah warga. Pasalnya, beberapa rumah sudah sejak lama kini sudah ada lobang disebabkan oleh hantaman ombak dari laut.

Ela salah satu warga yang tinggal di tepi pantai Desa Blimbing, Kecamatan Sluke, merasa terancam oleh abrasi. Pasalnya rumah yang di tempatinya kini sudah berlubang dua meter dan membuat dirinya merasa waswas setiap malamnya.

Ia mengatakan, pada hari-hari ini ombak yang datang cukup besar dan kedatanganya hampir setiap pagi. “Satu tahun mulai terkikis. Sedikit demi sedikit. Ombak nya datang pas fajar,” jelasnya saat ditemui di rumahnya.

Ela menambahkan, terkait besaran ombak ia tidak tahu persis namun ombak besar sering menjangkau kandang bebek yang ada di rumahnya. Diperkirakan ombak yang datang sampai setinggi dua meteran.

Ditambah dampak ombak tersebut akan lebih terasa menghawatirkan dikarenakan tebing rumahnya tidak dilengkapi border atau pembatas pantai yang kuat. Padahal di sepanjang pantai yang berada di sebelah timur rumahnya sudah ada bordernya.

BACA JUGA:  Silaturahmi ke Wabup Bayu, Dorong Penelusuran Kerajaan di Lasem

“Seringnya jam empat. Kalau malam kan takut, karena tidak ada border. Jadi sewaktu waktu ombak besar kan langsung pecah,” imbuhnya.

Untuk sampai saat ini, dirinya mengaku belum pernah ada dinas terkait yang melakukan penanganan terkait kejadian yang sering dialaminya. Sebelumnya dikabarkan bahwa kajian terhadap lingkungan akan dilakukan oleh pihak Pemprov pada 2022 mendatang. (cr6/fat)

  • Bagikan