Langganan Juara, Tetap Siapkan Anak Didik Meski Pandemi

  • Bagikan
Kepala Sekolah SD 1 Jekulo Zaenal Arifin
TUNJUK: Kepala Sekolah SD 1 Jekulo Zaenal Arifin, menunjukkan koleksi piala hasil perlombaan tingkat kecamatan maupun kabupaten, belum lama ini. (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / LINGKAR JATENG)

KUDUS, Lingkarjateng.com – Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Jekulo, merupakan langganan juara perlombaan siswa tingkat kecamatan dan kabupaten, baik secara akademik maupun non-akademik. Hal ini dibuktikan dengan capaian penghargaan yang diraih.

Kepala Sekolah SD 1 Jekulo Zaenal Arifin mengatakan, sejak 2017 sekolahnya memang sudah jadi langganan juara. Setidaknya 20 piala atau piagam didapatkan setiap tahunnya.

“2017 kami berhasil mendapatkan 21 penghargaan, 2018 mendapat 26 penghargaan, 2019 juga sama dapat 26 penghargaan. Kemudian untuk 2020, disebabkan pandemi Covid-19 kami baru mendapat 3 penghargaan saja. Karena setelah itu langsung lockdown dan tidak ada lomba lagi,” jelasnya Senin (12/7).

Zaenal mengungkapkan, meskipun terhalang pandemi Covid-19, pihaknya tetap mempersiapkan siswa-siswinya agar siap berkompetisi kapan saja. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipatif, apabila nanti diadakan lomba atau kejuaraan di tengah pandemi.

“Kami tetap membimbing siswa-siswi kami untuk terus belajar dan berprestasi. Sehingga ketika suatu saat dibutuhkan untuk mewakili sekolah mereka siap. Selain itu, kegiatan non-akademik juga tetap kami bimbing. Agar skill mereka tetap terasah dan bisa terus berkembang,” ungkapnya.

BACA JUGA:  UPGRIS Terjunkan 954 Mahasiswa KKN di Tujuh Provinsi

Zaenal menyebutkan, pihaknya memang selalu menargetkan juara di setiap lomba yang diikuti. Ia menerangkan, setidaknya 20 penghargaan ditargetkan setiap tahunnya.

“Dikarenakan setahun belakangan terjadi pandemi, maka target yang biasa kita tetapkan belum bisa tercapai. Karena lomba-lomba dan kejuaraan juga ditiadakan. Meski begitu, kami tetap mempersiapkan anak didik kami baik dari segi akademik maupun non-akademik,” terangnya.

Selain fokus pada prestasi, SD 1 Jekulo juga telah menerapkan sistem sekolah ramah lingkungan. Zaenal menerangkan, sekolahnya sudah menerapkan sistem ini selama beberapa tahun belakangan.

“Di lingkungan sekolah kami baik guru, karyawan maupun pengunjung dilarang untuk merokok. Kami juga sudah memasang beberapa banner di lingkungan sekolah sebagai pengingat. Untuk situasi pandemi seperti saat ini, kami juga menyediakan sarana untuk memenuhi protokol kesehatan di setiap ruangan,” pungkasnya. (cr10/fat)

  • Bagikan