Usaha Keras Torehkan Tinta Emas

  • Bagikan
Siswa-siswi SMP Negeri 2 Pemalang
KOMPAK: Siswa-siswi SMP Negeri 2 Pemalang saat mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI / LINGKAR JATENG)

PEMALANGFaren Medysta Kirana tidak pernah menyangka jika suara yang dimilikinya bisa mengharumkan nama sekolah mendapatkan juara satu lomba karawitan dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)  tingkat kabupaten beberapa waktu lalu. Meski mendapatkan hasil yang maksimal, ia mengaku baru pertama kali mengisi tempat di bidang seni kebudayaan.

Sebelumnya, siswa SMP Negeri 2 Pemalang tersebut mengaku sempat mengikuti seleksi untuk ikut dalam ajang perlombaan yang berbeda, yakni menyanyi solo. Namun saat seleksi ada pembina karawitan yang kebetulan ikut menyaksikan.

“Ternyata pembina karawitan melihat potensi saya dan menilai suara saya lebih cocok di vokal karawitan,” katanya.

Ia sempat merasa ragu untuk mengikuti ajakan pembina, pasalnya ini merupakan kali pertamanya menjadi vokal di bidang karawitan. Namun setelah mencoba dan mengikuti sesi latihan, ternyata mulai menyadari, suaranya cocok dan ia mulai menikmati hal tersebut. Meskipun sempat mengalami kesulitan dalam penyesuaian suara, namun berkat latihan dan usaha, akhirnya siswa kelas XI H tersebut bisa berbuah manis.

BACA JUGA:  Release Akhir Tahun, Kapolda Jateng Paparkan Hasil Kinerja Sepanjang 2019

“Awalnya susah, karena biasanya nyanyi pop, sekarang harus nyanyi Jawa. Sehingga harus melakukan penyesuaian kembali,” lanjutnya.

Sementara itu, pembina karawitan SMP Negeri 2 Pemalang Amos Sutomo merasa beruntung karena dianugerahi siswa-siswi yang berbakat, sehingga dalam waktu hanya sebentar sudah bisa berhasil meraih prestasi. Saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan dan evaluasi dari hasil tampilan di tingkat kabupaten untuk persiapan maju ke tingkat provinsi.

“Kalau target juara di tingkat provinsi belum berani memastikan, karena saya yakin persaingan semakin ketat. Minimal ikut masuk sepuluh besar,” harapnya.(cr1/akh)

  • Bagikan