Harapkan Pendidikan Lingkungan Tersampaikan

  • Bagikan
SD N 1 Sima Kecamatan Moga
PERCANTIK: Sejumlah pekerja sedang melukis dinding SD N 1 Sima Kecamatan Moga agar lebih elok untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata tahun ini. (AFIFUDIN / LINGKAR JATENG)

PEMALANGProgram sekolah Adiwiyata menjadi program yang sedang menjadi prioritas dilakukan, sehingga kegiatan tersebut ditargetkan akan selesai pada tahun ajaran ini. Guna mendukung kelancarannya, bangunan sekolah dipercantik dan pembentukan karakter siswa untuk peduli lingkungan menjadi hal yang harus diselesaikan.

Kepala SD Negeri 1 Sima Kecamatan Moga Setyo Wantjono mengatakan, pihaknya mulai mencanangkan program sekolah Adiwiyata pada bulan Februari lalu. Ia menargetkan proses pembenahan akan selesai pada akhir tahun ini.

“Berdasarkan rencana kerja sekolah, program ini seratus persen selesai pada tahun 2021, tapi dari segi fisiknya,” katanya.

Sedangkan yang berkaitan dengan budaya kepedulian lingkungan kepada siswa, ia masih belum bisa memastikan kapan bisa terselesaikan. Pasalnya, yang menjadi poin penting dari sekolah Adiwiyata adalah budaya peduli lingkungan tersebut. Namun, pembelajaran berkaitan dengan program tersebut kepada siswa akan diselipkan pada materi lingkungan hidup yang diberikan dari kelas satu sampai kelas enam.

“Penanaman karakter kepada siswa targetnya minimal dua puluh sampai tiga puluh persen untuk tahun 2021,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Proses Akreditasi Terkendala Pandemi

Target ini dilakukan atas dasar pendidikan yang dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19. Akibatnya, para guru lebih sulit mengontrol siswa, padahal pihaknya ingin membuat kebiasaan tentang peduli terhadap lingkungan kepada siswa yang nantinya akan menjadi budaya. Saat ini pihaknya sedang memulai pembenahan sekolah, pembentukan tim pengembangan sekolah Adiwiyata juga sudah dibentuk.

“Di antara pembenahan yang kami lakukan adalah diubahnya visi misi sekolah menjadi terwujudnya sekolah yang berkarakter, berprestasi, terampil dan peduli lingkungan. Secara fisik sekolah juga sedang dalam proses,” jelasnya.(cr1/akh)

  • Bagikan