Perjuangkan Hak Anak, DPRD Kudus Dorong Pembentukan Perda Kota Layak anak

  • Bagikan
Anggota Komisi D DPPRD Kudus Sayid Yunanta
Anggota Komisi D DPPRD Kudus Sayid Yunanta. (HUMAS / LINGKAR JATENG)

Gema DPRD Kabupaten Kudus

KUDUS, Lingkarjateng.com – Di tengah pandemi Covid-19  saat ini, kebutuhan dan hak anak-anak sekarang tidak seperti sebelumnya. Oleh karena itu, untuk melindungi hak dan kebutuhan anak-anak, DPRD Kudus mendorong pembentukan Peraturan Daerah (Perda) tentang kota layak anak. Agar anak mendapatkan hak-hak yang sesuai kebutuhannya di masa pandemi ini.

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Sayid Yunanta mengatakan, selama pandemi anak-anak dirasa belum mendapatkan hak-hak yang wajib didapatkan. Terutama di kualitas pendidikan yang minim. Pasalnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara online.

“Selain itu, interaksi dengan teman-temannya, lingkungan yang ada di sekolahan, dan sebagainya juga minim. Kalau dilihat sekarang interaksinya banyak dengan gadget. Dan cenderung negatif,” ucapnya.

Pihaknya melanjutkan, anak-anak saat ini harus bisa mendapatkan hak-hak nya. Mulai dari kasih sayang yang seharusnya didapatkan di masanya. Pendidikan yang dirasa tidak minim sebagi penerus.

“Kesempatan bersosial dan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar juga perlu didapatkan. Karena itu semua bisa mempengaruhi diri mereka untuk kedepannya. Sebab itu, mungkin bisa lebih baik di dorong dengan pembuatan Perda kota layak anak,” tuturnya.

BACA JUGA:  Apa Sih Program PS2H, Ini Penjelasan Disdukcapil Kudus

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati 23 Juli, Sayid menambahkan, sebagai kabupaten yang sudah mendapatkan penghargaan kota layak anak, Kudus harus bisa meningkatkan pemenuhan hak-hak anak. Yakni dengan di dukung sebuah regulasi dalam hal tersebut.

“Kudus yang sudah mendapatkan penghargaan kota layak anak harus bisa meningkatkan pemenuhan hak-hak anak. Dengan di dukung sebuah regulasi dalam hal Peraturan Daerah (Perda) sebagai landasan kebijakan-kebijakan. Yakni yang berpihak kepada anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa ini,” pungkasnya. (sam/fat)

  • Bagikan