Warga Rutan Ikuti Vaksinasi

  • Bagikan
Warga binaaan Kelas llB Demak
PROGAM: Warga binaaan Kelas llB Demak saat mengikuti tahapan vaksinasi, di Rutan Kelas llB Demak, akhir pekan lalu. (AJI YOGA / LINGKAR JATENG)

DEMAK – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas llB Demak mengadakan vaksinasi tahap pertama kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Vaksinasi dilakukan langsung di Rutan Kelas llB Demak, dari pagi hingga siang dengan sasaran 196 peserta.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas llB Demak, Fajar Cipto Kuncoro mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini didasarkan atas perintah Menteri Kemunkumham, Yasonna Laily, sebagai salah satu upaya meutus mata rantai Covid-19.

“Tidak bisa dipungkiri, warga rutan juga bisa tertular Covid-19. Selain itu agar warga binaan juga terpenuhi hak-haknya,” tuturnya di sela-sela menjalankan tugas, akhir pekan lalu.

Ia berharap, dari total jumlah sasaran warga binaan Rutan Kelas llB Demak dapat tervaksinasi seluruhnya. Saat, jumlah warga rutan yang berada di sana berjumlah 196 orang.

Fajar mengatakan ada sejumlah kendala dalam proses vaksinasi ini. Di antaranya, sejumlah warga binaaan belum diketahui NIK-nya.

“Ada 10 warga binaaan yang belum kita ketahui. Namun kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Demak untuk kita koordinasikan terkait NIK itu,” tuturnya.

BACA JUGA:  Silaturahmi Kapolres Demak ke Kediaman Ketua MUI dan FKUB

Sementara, Kepala Puskesmas Demak lll, dr Retno Widhastuti yang mengurusi vaksinasi tersebut mengatakan, pihaknya menerjunkan 10 personil tenaga kesehatan (nakes) untuk diperbantukan dalam kegiatan vaksinasi.

“Alhamdulillah sampai siang ini lancar, tadi ada kendala sedikit penundaan tapi sementara aja karena tensinya rendah. Saya, suruh istirahat dulu 30 menit dilanjut lagi kalau tesnya bagus,” paparnya. (cr3/git)

  • Bagikan