Terbitkan SE Melarisi UMKM

  • Bagikan
SE Melarisi UMKM
MELARISI: Salah satu ASN di Kabupaten Rembang sedang membeli makanan kepada pelaku UMKM, Kamis (29/7). (SHOFWAN ZA’IM / LINGKAR JATENG)

REMBANG – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang menerbitkan surat edaran (SE) tentang gerakan melarisi produk UMKM Rembang. Kebijakan tersebut diteken dalam SE dalam rangka mendukung pergerakan perekonomian UMKM dan masyarakat Rembang.

Pj Sekda Rembang, Edy Supriyanta mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Rembang diwajibkan untuk berbelanja kebutuhan harian di UMKM lokal Rembang. Pihaknya juga mewajibkan belanja sarana dan prasarana perkantoran di lingkup Pemkab Rembang juga diwajibkan dilakukan di UMKM lokal.

“Keperluan kantor seperti peralatan dan perlengkapan kebersihan, atau meubel air atau konsumsi di UMKM Rembang. Termasuk mengajak seluruh anggota masyarakat untuk melarisi produk UMKM Rembang,” terangnya.

Edy memaparkan, sejumlah rujukan lokasi untuk berbelanja tingkat lokal. Seperti industri kecil menengah (IKM), koperasi, pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), warung tetangga dan toko yang dekat dengan rumah atau perkantoran.

Esty Mirani PNS yang berdinas di Dinas Kominfo Kabupaten Rembang, mengaku siap mendukung kebijakan tersebut. Sebelum adanya SE tersebutpun, ia selalu membeli kebutuhan rumah tangga ataupun makan di pedagang kaki lima ataupun UMKM Rembang.

BACA JUGA:  Miniatur Mainan Diminati di Masa Pandemi

“Sebelum ada surat edaran pun kita sudah nglarisi UMKM, seperti ketika beli oleh-oleh untuk saudara kita yang di luar kota kita membeli produk khas Rembang,” ungkapnya. (cr6/fat)

  • Bagikan