Sembilan Paskibra Disiapkan untuk Upacara Kemerdekaan

  • Bagikan
Paskibra Kabupaten Kudus
LATIHAN: Paskibra Kabupaten Kudus terpilih saat berlatih di lingkungan alun-alun Kudus, beberapa waktu lalu. (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Pemerintah Kabupaten Kudus berencana melakukan upacara secara terbatas. Seperti tahun lalu, peringatan 17 Agustus tahun ini juga hanya dihadiri oleh beberapa undangan, mengingat situasi sedang pandemi.

Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada, melalui Kasi Pembangunan Sumber Daya Pemuda Agus Subandi mengatakan, pihaknya sudah melakukan seleksi pasukan pengibar bendera (Paskibra) sejak Maret lalu. Seleksi diikuti oleh seluruh sekolah menengah tingkat atas di Kudus.

“Kami melakukan seleksi, kemudian terpilih 64 peserta saat itu. Kegiatan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan dibagi menjadi dua gelombang untuk menghindari kerumunan. Dewan juri kami hadirkan dari TNI, Polri dan praktisi dari Purna Paskibra Indonesia (PPI),” terangnya.

Jumlah total calon anggota Paskibra 2021, disamakan dengan sebelum pandemi. Karena asumsi dan harapan panitia, pandemi telah mereda pada saat hari H pelaksanaan upacara 17 Agustus.

“Tanpa diduga, pasca lebaran tahun ini, Kudus mengalami lonjakan kasus Covid-19 secara signifikan. Sehingga mengakibatkan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di berbagai daerah. Oleh karena itu, kami koordinasikan kembali dengan Kesbangpol terkait jumlah Paskibra,”

BACA JUGA:  Sediakan 21 Keran untuk Cegah Kerumunan

Berdasarkan hasil rapat dengan Kesbangpol Kudus, sembilan Paskibra dipilih dari 64 calon untuk melaksanakan tugas. Seleksi kembali dilakukan, supaya para peserta dapat memahami, penentuan Paskibra dilakukan secara transparan.

“Kami sama sekali tidak mengintervensi proses seleksi. Semuanya kami serahkan kepada tim juri. Jadi memang dipilih sembilan terbaik dari yang terbaik. Pelaksanaannya sudah dilakukan 26 Juli lalu. Kemudian 28 Juli, langsung mulai latihan rutin,” pungkasnya. (cr10/fat)

  • Bagikan