Jateng Konsisten Jadi Kontributor Atlet Nasional

  • Bagikan
Atlet cabang olahraga panjat tebing
PANJAT: Atlet cabang olahraga panjat tebing tengah berlatih dalam Pelatihan Daerah PON Jawa Tengah di kawasan Gor Jatidiri, Semarang, beberapa waktu lalu. (ERNA D/ LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 yang jatuh pada tanggal 9 September, Provinsi Jawa Tengah berkomitmen tetap menjadi kontributor atlet nasional. Dengan mengusung tema nasional Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Jateng mengambil subtema Jateng Tangguh, yaitu konsistensi melaksanakan kegiatan olahraga semaksimal mungkin di tengah pandemi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho kepada Joglo Jateng, Kamis (9/9).

“Jateng mengambil subtema Jateng Tangguh artinya para penggiat olahraga, pelaku olahraga, pemerhati olahraga, termasuk para atlet olahraga tetap melaksanakan kegiatan olahraga, tetap berlatih, meskipun di tengah pandemi,” paparnya.

Peringatan Haornas ke-38 ini, kata Sinoeng, dapat dijadikan momentum yang tepat untuk mendukung dan menyemangati para atlet Jateng. Apalagi, untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada bulan Oktober dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) pada bulan November 2021 yang diselenggarakan di Papua.

“Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-38 2021 di Jateng dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan kontingen Jateng ke PON XX yang akan dilaksanakan di Papua sekaligus  pengukuhan kontingen Peparnas di bulan November. Ini artinya momentum Haornas para atlet siap berlaga untuk memberikan kontribusi mempertahankan raihan-raihan yang sudah dicapai Jateng,” tuturnya.

BACA JUGA:  Hipsi Didorong Kembangkan Ekotren

Dalam perhelatan olahraga yang diikuti semua provinsi di Indonesia ini, ia berharap Jateng dapat mempertahankan posisi di urutan keempat untuk PON XX. Sedangkan untuk Peparnas, ia berharap dapat menyabet posisi runner up atau posisi kedua.

“Untuk PON kita berharap masih tetap mempertahankan posisi keempat. Sedangkan untuk perolehan medali kita akan sesuaikan dengan kondisi yang ada. Tapi mempertahankan posisi keempat sudah sangat luar biasa,” ungkapnya.

Dengan adanya potensi besar yang dimiliki Jateng, ia berharap agar Jateng tetap konsisten menjadi kontributor atlet nasional di semua cabang olahraga di Indonesia.

“Harapan kami, seiring dengan program intensitas kami, kami fokuskan pada anak-anak muda untuk tetap memelihara talenta-talenta khusus, supaya ada regenerasi dan harapan itu mempertahankan Jateng sebagai kontributor atlet nasional di semua cabor di Indonesia,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan memberikan kesempatan bagi muda-mudi Jateng untuk menunjukkan talentanya dan menjadi bibit unggul kebanggaan Jateng.

“Maka anak-anak muda kita berikan kesempatan dan mudah-mudahan dalam kondisi saat ini yang mungkin belum baik, tapi berangsur-angsur membaik dapat dilakukan turnamen tapi tetap mengedepankan prokes,” tandasnya. (cr12/gih)

  • Bagikan