Empat Desa akan Gelar Pilkades Antar Waktu

  • Bagikan
Empat calon Kepala Desa Rejosari
TUNGGU: Empat calon Kepala Desa Rejosari saat menunggu hasil pemungutan suara, pada pelaksanaan Pilkades 2019 lalu. (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Empat desa di Kabupaten Kudus berencana mengadakan pemilihan kepala desa (pilkades) antar waktu pada akhir 2021. Kegiatan tersebut diadakan karena adanya kekosongan jabatan kades di empat desa tersebut dengan sisa masa jabatan lebih dari satu tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Adi Sadhono Murwanto menerangkan, pilkades antar waktu tersebut rencananya akan digelar secara serentak di empat desa. Yakni Desa Cendono, Kauman, Jekulo, dan Jati Wetan.

“Pelaksanaan pilkades antar waktu diadakan apabila, kepala desa diberhentikan sebelum masa jabatannya berakhir. Dengan sisa masa jabatan lebih dari 1 (satu) tahun. Dalam kasus ini, ada empat kepala desa yang meninggal dunia dan memenuhi kriteria tersebut. Jadi memang harus dilakukan pilkades antar waktu melalui musyawarah desa,” terangnya.

Sebelumnya, masing-masing RT mengadakan rapat, untuk menentukan perwakilan yang nantinya akan mengikuti musyawarah desa. Perwakilan tersebut, meliputi ketua RT, tokoh agama, tokoh pendidikan, dan tokoh masyarakat di RT tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kudus nomor 2 tahun 2015 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa beserta perubahannya, penyelenggaraan pilkades antar waktu tidak dapat dilakukan tanpa persiapan yang matang. Ada proses yang harus dilalui, sebelum penyelenggaraan kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai

“Jadi memang ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, agar bisa mengadakan pilkades antar waktu. Mulai dari persiapan anggaran, pembentukan panitia tingkat desa, sosialisasi kegiatan, pendaftaran calon, verifikasi berkas. Serta penentuan perwakilan RT dan unsur masyarakat lainnya yang berhak mengikuti musyawarah desa sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (abd/fat)

  • Bagikan