2.912 CASN Jalani Swab Antigen

  • Bagikan
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Joko Santoso
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Joko Santoso. (ACHWAN / LINGKAR JATENG)

PATI – Sebanyak 2.912 orang peserta ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) menjalani tes swab antigen secara massal. Dalam penyelenggaraannya tes diselenggarakan di 4 tempat berbeda. Yakni SMAN 1 Pati, SMAN 3 Pati, SMKN 2 Rendole dan SMKN 3 Pati pada awal pekan lalu hingga Kamis (15/9).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Joko Santoso menyatakan kewajiban swab antigen juga harus diikuti para pelamar PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Swab antigen ini serentak diadakan di seluruh Indonesia. Sebab menjadi syarat untuk mengikuti ujian seleksi pegawai.

“Jika dirinci, swab antigen pada hari pertama Senin (13/9) lalu sebanyak 898 orang, hari kedua 898 orang. Kemudian Rabu (15/9) 898 orang dan terakhir hari Kamis nanti sebanyak 218 peserta,” terangnya Selasa (14/9).

Berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Disdik Wilayah III Jateng disepakati bahwa test antigen dilakukan oleh Puskesmas Pati I dan Pati II. Hal tersebut mempertimbangkan padatnya jadwal vaksinasi yang dilakukan puskesmas lainnya.

BACA JUGA:  UKW, Tingkatkan Profesionalisme Pers

“Namun para peserta juga boleh melakukan tes di tempat lainnya. Yang terpenting semua peserta ujian memiliki hasil tes negatif menjelang ujian nanti,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan selama dua hari pelaksanaan, sebanyak 1.410 peserta telah mengikuti tes. Dari kesemuanya 1 peserta dinyatakan positif Covid-19.

Meskipun begitu peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap punya peluang mengikuti ujian dengan ketentuan tambahan. Yakni peserta yang bersangkutan diwajibkan melapor kepada BKPP setempat. Surat permohonan disampaikan dengan melampirkan bukti surat rekomendasi dokter atau hasil swab PCR.

“Kita menemukan 1 peserta yang hasil tesnya positif. Selain itu seluruhnya negatif. Kami berharap hari selanjutnya hasilnya baik,” imbuhnya. (ahw/fat)

  • Bagikan