Pemkab Kudus Berikan Stimulus untuk UMKM

  • Bagikan
Bupati Kudus HM Hartopo
JELASKAN: Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui awak media di Balai Desa Gondoharum, Kecamatan Jekulo, Selasa (14/9). (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Pemerintah Kudus (Pemkab) Kudus sudah mengondisikan terkait stimulus ekonomi untuk pelaku UMKM. Dengan adanya beberapa program yang dilakukan oleh Pemkab sendiri untuk para pelaku usaha.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, ada beberapa stimulus yang sudah dilakukan bagi para UMKM. Salah satunya program pemerintah yang membuka wirausaha baru kurang lebih 500 orang setiap tahunnya. Mereka akan diberikan modal, dengan setiap orang akan mendapat Rp 5 juta.

“Kami melalui Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kudus sudah mengondisikan mengenai hal itu. Selain itu ada juga beberapa bantuan lainnya yang digelontorkan bagi UMKM,” ucapnya.

Dirinya menyebutkan, untuk stimulus UMKM ada bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 1,2 juta. Ada juga bantuan presiden. Bahkan bantuan dari pemerintah provinsi, yang diperbantukan bagi para pelaku usaha.

“Sebetulnya ada banyak bantuan-bantuan dari stimulus untuk UMKM sendiri. Maka dari itu bagaimana caranya pelaku usaha bisa membangkitkan usahanya. Apalagi kondisi Covid-19 di Kudus saat ini tengah melandai,” tuturnya.

BACA JUGA:  Sandiaga Uno Yakin UMKM di Magelang Mulai Bangkit

Sementara itu, Kudus yang sebelumnya menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang mengalami ledakan kasus Covid-19, kini bisa bangkit kembali dan melandai. Hal ini bisa terjadi karena adanya kekompakan di semua lini.

“Bisa melandai karena adanya kekompakan dari forkopimda, tokoh agama, stakeholder, dan semua masyarakat, untuk bersama-sama menekan angka lonjakan. Dengan kompak dan bisa bersinergis baik terkait pemberantasan Covid-19, membuat Kudus bisa melandai seperti saat ini,” ujarnya. (sam/fat)

  • Bagikan