Rumah Lansia di Demak Ludes Terbakar

  • Bagikan
Pemadaman api rumah lansia di Desa Botorejo, Wonosalam
EVAKUASI: Pemadaman api rumah lansia di Desa Botorejo, Wonosalam, yang terbakar, Selasa (14/9). (AJI YOGA / LINGKAR JATENG)

DEMAK – Rumah milik salah satu lansia warga Desa Botorejo, Wonosalam, Sumirah (60) ludes terbakar. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.00, Selasa (14/9).

Menurut keterangan salah satu saksi yang sekaligus tetangga korban, Jumini (40), rumah dengan bentuk atap limasan berukuran 6 x 15 meter, tinggi 3,5 meter dan terbuat dari dinding tembok permanen dengan atap kayu ini, mengeluarkan kepulan asap dan api pada bagian atap rumah.

“Begitu api mulai membesar, saya panik dan langsung berteriak minta tolong. Saya juga langsung menyusul ibu Sumirah ke sawah,” katanya di sela-sela membantu memadamkan api.

Kepala Desa Botorejo, Wonosalam, Marjo Dudono mengatakan, begitu mendengar laporan dari warga tentang adanya kebakaran rumah milik ibu Sumirah, dirinya langsung menghubungi petugas Damkar Demak, Babinsa Koramil 03/Wonosalam Peltu Subur Sadono, dan Bhabinkamtibmas Aipda Try Endrasto.

Tidak berselang lama, petugas pemadam kebakaran bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas tiba di lokasi. Mereka berusaha memadamkan api dan mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan dengan dibantu warga sekitar lokasi. Dan kobaran api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.00.

BACA JUGA:  Gedung Matahari Mall Diincar Banyak Investor

Korban Sumirah (60) mengaku sangat sedih. Rumah miliknya satu-satunya ini ludes terbakar. Barang-barang berharga di dalamnya juga ikut terbakar. Almari, pakaian, perabotan dapur, speaker aktive, gabah, bahkan uang tunai sebesar satu juta tiga ratus ribu rupiah juga ikut terbakar.

“Saat kejadian, saya sedang berada di sawah. Saya diberitahu oleh mbak Jumini. Sesampainya di rumah saya melihat sudah banyak orang, rumah seisinya pun habis terbakar, hanya sisa-sisa puing-puing saja,” ungkapnya dengan isak tangis.

Sementara menurut Babinsa Peltu Subur Sandono, penyebab terjadinya kebakaran rumah milik ibu Sumirah masih dalam penyelidikan petugas Polsek Wonosalam. Untuk dugaan awal, kebakaran dipicu akibat konsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akan tetapi korban mengalami kerugian materiil kurang lebih mencapai 60 juta rupiah.

“Saat ini penyebab pasti kebakaran masih dalam proses penyelidikan Polsek Wonosalam. Ini pelajaran bagi kita semua, agar lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah. Semoga korban segera mendapatkan bantuan untuk renovasi, baik dari pemerintah maupun dari pihak lainnya,” harapnya. (aji/gih)

  • Bagikan