Tingkatkan Keterampilan dan Pengetahuan Kader

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo
SOSIALISASIKAN: Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo dalam kegiatan sosialisasi rumah layak huni dan optomalisasi pekarangan, Rabu (15/9). (HUMAS / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Rumah sehat tak harus mewah. Lingkungan rumah yang tertata rapi dan bersih dengan mengoptimalkan pekarangan dapat berdampak positif bagi kesehatan keluarga. Pesan itulah yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo ketika membuka kegiatan sosialisasi rumah layak huni dan optomalisasi pekarangan, Rabu (15/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring di Ruang PKK Gedung Setda. Dengan menghadirkan narasumber dari OPD terkait, sosialisasi diikuti oleh seluruh TP PKK Kecamatan serta Desa.

Sebagai bagian dari program kerja Pokja 3 PKK, Mawar Hartopo menyebut bahwa kegiatan ini merupakan upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan kader. Dalam hal itu adalah bidang pangan sandang dan tata laksana rumah tangga.

“Gerakan PKK pada dasarnya diawali dari lingkungan rumah tangga. Maka, ini sebagai upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan para kader,” ujarnya.

Persepsi yang ada di masyarakat kebanyakan menganggap rumah sehat haruslah rumah mewah. Mawar Hartopo menganggap hal tersebut kurang tepat. Karena rumah sehat adalah rumah yang tertata, terjaga kebersihannya, serta memanfaatkan pekarangan untuk tanaman Toga (tanaman obat keluarga).

BACA JUGA:  Atasi Banjir, Mas'an Usulkan Pemasangan Filter

“Pemanfaatan pekarangan memberi nilai tambah bagi rumah sehat. Keuntungannya bisa menambah sumber pangan sendiri. Melalui pemanfaatan pekarangan optimal, pengeluaran rumah tangga juga bisa ditekan,” pungkasnya. (hms/fat)

  • Bagikan