Diskominfo Kota Semarang Pastikan CCTV Terpasang di Setiap RT

  • Bagikan
Kepala Diskominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto
Kepala Diskominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto. (DICKRI TIFANI / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Semarang memastikan monitor closed circuit television atau CCTV telah terpasang di setiap rukun tetangga (RT) di masing-masing kecamatan Kota Semarang. Salah satu tujuannya untuk mengantisipasi tindak kejahatan, sehingga bisa diawasi bersama-sama di masing-masing RT.

Kepala Diskominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto mengatakan, pengadaan CCTV setiap RT sudah disiapkan sejak tahun 2019. Namun program selesai pada awal tahun 2021. Pemasangan monitor merupakan kelanjutannya dari paket pengadaan pada tahun 2019 akhir.

Menurutnya, anggaran yang digunakan dalam pengadaan monitor CCTV yakni anggaran perubahan 2019, dengan memasangkan sekitar 10.293 di seluruh RT Kota Semarang.

“Monitor CCTV diadakan 2021, dimana kelanjutan dari paket pengadaan CCTV RT pada tahun 2019 akhir, yang menggunakan anggaran perubahan diadakan pemasangan 10.293 di setiap RT.  Kemudian masing-masing RT, disediakan satu CCTV,” kata Bambang, Rabu (6/10).

Dengan adanya pemasangan ini, Bambang menyebut CCTV sudah terpasang di 16 kecamatan Kota Semarang. Maka dari itu, pihaknya bisa merasa terbantu dalam memonitor kegiatan masyarakat di setiap RT.

BACA JUGA:  Komplotan Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polisi

Baginya, CCTV adalah sebuah kemajuan dan positif untuk masyarakat agar bisa melihat output CCTV RT yang sudah terpasang. “Kami tugasnya mengintegrasikan output seluruh CCTV RT, termasuk yang ada di APCS atau Commont Center, ” jelasnya.

Dikatakannya, kendala yang dihadapi dalam pemasangan monitor CCTV tersebut yakni kondisi Covid-19, yang melanda di Indonesia termasuk Kota Semarang. Hal itu membuat perencanaan awal akan selesai 2020, namun selesai pada tahun ini.

“Sebenarnya mau dilanjut 2020, tapi karena Indonesia kondisi Covid-19 termasuk Kota Semarang. Akhirnya ditunda. Baru bisa dilaksanakan 2021,” ucapnya.

Bambang meminta kepada masyarakat agar dalam pemantauan CCTV secara bersama -sama. Sehingga, dapat minimalisir angka kejahatan yang ada di masyarakat.

“Pastinya masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya adanya CCTV RT, adanya internet CCTV yang mengintegrasikan melalui commod center. Sama-sama memonitor seluruh Kota Semarang,” ungkapnya.

Pihaknya juga berencana akan menambah monitor CCTV di setiap RT tersebut. “Itu agar Kota Semarang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya. (dik/gih)

  • Bagikan