Gandeng Kampus, KPU Kudus Sosialisasikan Pemilu ke Pemilih Pemula

  • Bagikan
Webinar yang diadakan KPU Kudus
SOSIALISASIKAN: Webinar yang diadakan KPU Kudus dalam memberikan wawasan mengenai kepemiluan dan demokrasi kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus, Rabu (6/10). (SYAMSUL HADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus memberikan wawasan mengenai kepemiluan dan demokrasi kepada mahasiswa. Hal ini dilakukan dalam kegiatan KPU goes to kampus, bersama Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) melalui webinar pada Rabu (6/10).

Ketua KPU Kabupaten Kudus Naily Syarifah mengatakan, agenda tersebut dilaksanakan guna memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat. Khususnya pemilih pemula. Supaya, ketika di pemilu yang akan datang bisa mengikuti pemilihan atau pemilu untuk pertama kalinya.

“Ini tidak pertama kalinya kami mengadakan webinar ke kampus-kampus. Sebelumnya sudah bersama IAIN dan pernah juga bersama UMK. Karena targetnya memberikan sosialisasi kepemiluan kepada adek-adek mahasiswa,” ucapnya.

Tujuan diadakannya agenda tersebut, lanjutnya, untuk memberikan pendidikan kepada pemilih pemula. Mulai dari dasar awal demokrasi, pemilu seperti apa, dan tahapan-tahapan pemilu.

“Tidak hanya bagaimana cara mencoblos yang benar saja. Kami memberikan sosialisasi apa itu pemilu. Jadi rincinya luas, dari awal sudah kami sampaikan apa itu pemilu sampai memasuki tahapan pemilu kami akan mensosialisasikan tahapan itu,” tuturnya.

BACA JUGA:  Resmikan Musala, Bupati: Semoga Berkah

Naily mengharapkan, dengan adanya kegiatan tersebut para pemilih pemula khususnya mahasiswa dapat tercerahkan wawasannya mengenai kepemiluan dan demokrasi. Sehingga, jika pemilihan berlangsung sudah mempunyai gambaran pemilu seperti apa.

“Ketika pemilihan tiba, semoga sudah tidak bingung lagi dan mereka paling penting bisa memilah-milah informasi atau berita yang akurat. Supaya tidak terjadi perpecahan-perpecahan akibat berita-berita hoak dan negatif mengenai kepemiluan,” pungkasnya. (sam/fat)

  • Bagikan