Dewan Mendesak Dekatkan Lokasi Vaksin Lansia

  • Bagikan
Sekretaris Komisi D DPRD Pemalang, Ajeng Triyani
Sekretaris Komisi D DPRD Pemalang, Ajeng Triyani. (AFIFUDIN / LINGKAR JATENG)

PEMALANG – Anggota DPRD Pemalang meminta agar tempat vaksin bisa dilakukan sedekat mungkin dengan masyarakat. Hal itu menanggapi minimnya vaksinasi terhadap masyarakat lanjut usia (lansia). Sehingga akan memberikan dampak positif bagi percepatan vaksinasi khususnya lansia.

Sekretaris Komisi D DPRD Pemalang, Ajeng Triyani mengatakan, untuk saat ini sebenarnya stok vaksin masih banyak. Karena baru selesai dropping pada Minggu lalu. Namun demikian, sampai saat ini vaksinasi untuk lansia dinilai masih minim.

“Ini dibutuhkan sosialisasi dan pendekatan ke lansia. Serta tempat vaksinasi harus didekatkan agar mereka mau vaksin,” terangnya.

Saat ini data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang mencatat dari total sebanyak 123.605 target lansia, baru ada 23.626 lansia yang sudah melakukan vaksinasi untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua baru ada sebanyak 70.924 lansia atau sekitar 11,78 persen dari target keseluruhan Kabupaten Pemalang.

Menurutnya, hal ini yang kemudian patut dijadikan perhatian oleh pemerintah daerah. Mengingat dosis vaksin baru saja sampai di Pemalang, sehingga harus segera disalurkan.

BACA JUGA:  Penjualan Umbul-umbul Merosot Tajam

“Ini kan ada vaksin jenis Pfizer lebih dari 204 ribu dosis, ini juga bisa disasarkan pada usia 12 tahun hingga lansia,” jelasnya.

Ia melanjutkan, minimnya angka lansia yang mengikuti program vaksinasi diindikasikan akibat kurangnya pemahaman masyarakat. Pasalnya, hari ini masih banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi hanya untuk legalitas bepergian, bukan pada kesehatan.

Disinilah letak yang kemudian dilupakan masyarakat. Sehingga pendekatan secara masif kepada masyarakat perlu ditingkatkan.

“Karena yang lebih penting dari vaksin adalah sebagai ikhtiar lahir kita agar tidak terkena gejala berat Covid-19. Serta mengurangi penyebaran dengan semakin banyaknya warga yang di vaksin, herd immunity segera dapat tercapai,” pungkasnya. (fif/all)

  • Bagikan