Fasilitasi Komplain, PDAM Luncurkan Aplikasi Si Agan

  • Bagikan
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
PAPARAN: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat memberi sambutan dalam peluncuran aplikasi Si Agan di Gedung Joglo PDAM, Rabu (13/10). (HUMAS / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang peluncuran aplikasi informasi pelanggan atau Si Agan. Aplikasi ini bisa dibuat sebagai alat komplain masyarakat kepada pihak PDAM.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menilai, selama ini metode penanganan pengaduan pelanggan PDAM belum ideal. Dirinya mengaku sering mendapatkan limpahan pengaduan soal PDAM pada media sosial pribadinya. Karena itu, PDAM Tirta Moedal meluncurkan sistem aplikasi informasi pelanggan atau Si Agan itu.

Hendi berharap, aplikasi Si Agan dapat tersosialisasikan dengan baik kepada seluruh pelanggan. Sehingga pelanggan benar-benar mendapatkan dampak peningkatan pelayanan.

“Tidak hanya berbicara kentungan tapi juga peningkatan pelayanan pelanggan. Dan pelanggan juga bisa memastikan tindak lanjut dari laporan,” ungkap Hendi melalui keterangan tertulis yang diterima Joglo Jateng, Rabu (13/10).

Ia yakin dengan adanya pengelolaan pengaduan yang lebih baik bisa menciptakan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan layanan PDAM. Supaya peningkatan pendapatan dan pelayanan yang beriringan.

“Hari ini brand image atau citra perusahaan menjadi hal yang penting dalam pengembangan perusahaan kedepan. Maka kepercayaan masyarakat kepada PDAM Tirta Moedal juga menjadi penting untuk ditingkatkan. Pelayanan yang buruk dan tak responsif atas keluhan pelanggan harus menjadi perhatian untuk kinerja PDAM,” tegasnya.

BACA JUGA:  Ziarahi Makam Ketua Dewan Syuro Pertama

Ia mengutarakan, aplikasi ini juga bisa menjadi solusi keresahan masyarakat yang ada di wilayah PDAM. Hendi memastikan kehadiran Si Agan membuat masyarakat senang jika ada komplain  langsung ditindaklanjuti.

“Apalagi aplikasi ini dapat membaca meteran sendiri, mengecek info tagihan air, hingga bisa melakukan pendaftaran sambung baru secara online,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Yudi Indardo menuturkan, pihaknya pada tahun ini sudah menyumbangkan 30 miliar untuk PAD Kota Semarang. Menurutnya, sumbangan untuk PAD tahun ini lebih tertinggi daripada tahun sebelumnya. Ia juga berharap, tahun selanjutnya sumbangan PAD bisa kembali meningkat. (dik/gih)

  • Bagikan