Pulihkan Ekonomi Melalui Pusat Belanja Warga

  • Bagikan
Pujasalika
LAYANI: Pengunjung Pujasalika saat memilih buah dan sayur di lapak warga Desa Kalisalak, Minggu (17/10). (SOFIA/ LINGKAR JATENG)

BATANG – Pemerintah Desa Kalisalak menyelenggarakan pasar mingguan bernama Pusat Belanja Sahabat Kalisalak (Pujasalika) yang diresmikan pada, Minggu (17/10). Pasar tersebut dibentuk untuk memulihkan ekonomi warga Batang, khususnya Desa Kalisalak.

Lurah Desa Kalisalak, Sucipto mengatakan, pihaknya membuat pasar tersebut atas inisiatif warga sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi warga Desa Kalisalak. “Inisiatif sendiri. Dananya juga dari dana desa sendiri,” terangnya.

Komoditi yang dijual berupa produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Kalisalak. Saat ini sudah ada lebih dari 10 pedagang yang menjajakan produknya di Pujasalika.

“Pedagang yang berjualan dan dagangan yang dijual dari Kalisalak semua,” ungkapnya.

Ia berharap, pedagang pusat belanja warga Pujasalika ini akan terus bertambah hingga menyentuh pasar provinsi. Dengan demikian perekonomian warga bisa semakin meningkat.

“Desa kita ini kan kurang diketahui ya. Dengan ini saya harap kita terus berkembang, bahkan bisa terdengar sampai provinsi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pujasalika tersebut akan buka setiap hari minggu. Selain kegiatan ekonomi, juga akan ada senam bersama dengan protokol kesehatan setiap paginya. “Jadi masyarakat sehat, ekonomi pulih. Itu yang paling penting sekarang,” terangnya.

BACA JUGA:  Pembangunan Kawasan Industri Batang dan Brebes Dipercepat

Sementara itu, salah satu pedagang di Pujasalika, Dina (25) menjelaskan, ia menjual produk berupa sayuran dan buah-buahan. Bahwa produk yang dijualnya merupakan produksi (hasil kebun) sendiri. “Ini (buah) dari desa sendiri kemudian dipress. Kalo sayurannya ada yang nanam sendiri, dan ada yang didatangin dari Desa Bawang,” jelasnya.

Pertanian buah dan sayuran yang dijualnya, dijalankan oleh keluarga besarnya. Ia berharap dengan adanya Pujasalika ini perekonomian keluarga dan desanya meningkat. “Semoga Pujasalika ini berjalan. Sehingga desa Kalisalak ini ekonominya maju dan tambah lancar,” ungkapnya. (cr1/all)

 

  • Bagikan