Satpol PP Batang Ajak Warga Berantas Cukai Ilegal

  • Bagikan
Satpol PP Batang
SIDAK: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melalukan edukasi cukai ilegal ke pedagang pasar di Kabupaten Batang, belum lama ini. (SOFIA/ LINGKAR JATENG)

BATANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengedukasi warga untuk memberantas peredaran cukai ilegal di Kabupaten Batang. Edukasi tersebut dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Bea Cukai.

Kepala Satpol PP Kabupaten Batang, Muhammad Fathoni menyampaikan bahwa pihaknya mendapat anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk edukasi cukai ilegal kepada warga. Edukasi tersebut dilaksanakan dengan sosialiasi ke lapangan dan sosialisasi di tempat.

Sosialisasi di lapangan di lakukan dengan mendatangi para pedagang di pasar. Satpol PP Batang membagi pasukannya menjadi 4 tim untuk edukasi lapangan ke seluruh wilayah Kabupaten Batang. “Keliling ke pasar-pasar di Batang kita berikan edukasi, dan kedua kita tempeli stiker di tokonya,” terangnya.

Ia menjelaskan, pihaknya mengedukasi warga mengenai ciri cukai ilegal yang dapat beredar di pasaran. Selain itu, dampak ekonomi dan kesehatan dari penjualan produk terlarang tersebut juga ditekankan untuk dipahami warga.

“Rokok itu menyumbang besar ke pendapatan negara. Kalo ilegal kan sangat merugikan negara. Yang kedua, masalah kesehatan. Kita tidak tahu kandungan nikotinnya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Targetkan Vaksinasi Pedagang Rampung Sepekan

Adapun sosialisasi di tempat dilakukan dengan mengundang Paguyubang Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) untuk mendapatkan edukasi cukai ilegal. Sosialisasi di tempat dilaksanakan di Kecamatan Limpung, Gringsing, Banyuputih, Pecalungan.

“Kita undang para RT, karena RT yang lebih paham warganya. Jadi bisa deteksi dini peredaran rokok ilegal,” tegasnya.

Selain mengedukasi warga, pihaknya juga melacak informasi peredaran cukai ilegal. Satpol PP akan memberikan laporan jika ditemukan cukai ilegal di lapangan. Sedangkan penangkapan atau penindakan menjadi wewenang Bea Cukai.

“Jika ditemukan cukai ilegal, kita beli dan kita sampaikan ke Bea Cukai. Karena kita tidak bisa menangkap,” pungkasnya. (cr1/all)

  • Bagikan